PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

NADIYAH, AFIF RAMADHANI (2022) PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI NADIYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG Oleh Nadiyah Afif Ramadhani Minat belajar pada usia remaja dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah interaksi teman sebaya. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan sehari-hari saling berinteraksi dengan teman sebaya sehingga akan mengakibatkan saling bergantung dan mempengaruhi satu dengan yang lain. Interaksi teman sebaya diartikan suatu hubungan timbal balik dengan sesama individu yang memiliki kesamaan usia dan karakteristik. Interaksi yang positif dapat berpengaruh positif terhadap minat belajar pada diri individu. Minat belajar ialah suatu ketertarikan yang melekat pada diri individu yang melibatkan hati dan perasaan senang dalam kegiatan belajar dapat memberikan perubahan tingkahlaku positif individu. Permasalahan pada penelitian ini karena rendahnya minat belajar peserta didik. Sehingga fokus pada penelitian ini yaitu interaksi teman sebaya dapat meningkatkan dan berpengaruh positif terhadap minat belajar. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi, wawancara dan angket. Peneltian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas XI dengan menggunakan sampel sebanyak 25 peserta didik yang ditentukan dengan teknik sample acak kelas. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh interaksi teman sebaya terhadap minat belajar. Berdasarkan hasil analisis data regresi linear sederhana yang sudah dilakukan maka menunjukkan jika terdapat pengaruh interaksi teman sebaya terhadap minat belajar pada peserta didik dengan taraf signifikan p = 0,004 dan p < 0,05 maka 0,004 < 0,05. Kemudian diperkuat dengan nilai thitung = 3,192 dan ttabel = 2,069 maka 3,192 > 2,069. Dengan hasil data analisis tersebut dapat diartikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai R Squere menujukkan sebesar 0,807 atau 80,7 % dapat diartikan interaksi teman sebaya mempunyai kontribusi positif terhadap minat belajar. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu bahwa terdapat pengaruh interaksi teman sebaya terhadap iii minat belajar peserta didik kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Kata Kunci : Interaksi Teman Sebaya, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:24
Last Modified: 07 Apr 2022 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18690

Actions (login required)

View Item View Item