PENGARUH PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN APLIKASI POWTOON TERHADAP PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

HAFIZ, RIWATAMA PUTRA (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN APLIKASI POWTOON TERHADAP PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Hafiz Riwatama Putra.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penalaran dan pemecahan masalah matematis diakibatkan dari hasil belajar yang rendah serta tidak efektifnya pembelajaran yang diterapkan. Mengetahui lebih jelas bahwa rendahnya hasil belajar di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung berdampak kepada penalaran dan pemecahan masalah matematis selanjutnya peneliti memberikan soal kepada peserta didik. Rendahnya kemampuan penalaran dan pemecahan masalah didasarkan atas pendekatan pembelajaran yang diterapkan disekolah belum membuat peserta didik mengeksplorasi keinginan mereka dalam kompetensi secara luas tentang cara, ide, gagasan atau petunjuk dalam menyelesaikan banyak cara. Karena, pemahaman yang tinggi diharapkan dapat mengembangkan cara peserta didik mengkomunikasikan konsep yang dipahami sesuai dengan aturan dan prinsip pada pembelajaran matematika secara tepat dan benar. Tujuan pada penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry berbantuan aplikasi powtoon dan discovery learning berbantuan aplikasi powtoon terhadap penalaran dan pemecahan masalah matematis peserta didik, (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry berbantuan aplikasi powtoon dan discovery learning berbantuan aplikasi powtoon terhadap penalaran matematis peserta didik, (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry berbantuan aplikasi powtoon dan discovery learning berbantuan aplikasi powtoon terhadap pemecahan masalah matematis peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dimana jenis penelitian eksperimen dengan desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain Posttest Only Control Group Design. Data digunakan adalah tes akhir dari kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis peserta didik dan dianalisis menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry berbantuan aplikasi powtoon dan discovery learning berbantuan aplikasi powtoon terhadap penalaran matematis ditunjukkan dengan signifikasi 0,00 kurang dari 0,05. Selain itu terdapat model pembelajaran inquiry berbantuan aplikasi powtoon dan dan discovery learning berbantuan aplikasi powtoon terhadap pemecahan masalah matematis ditunjukkan dengan signifikasi 0,00 kurang dari 0,05, serta terdapat pengaruh model iv pembelajaran inquiry berbantuan aplikasi powtoon dan discovery learning berbantuan aplikasi powtoon terhadap penalaran dan pemecahan masalah matematis ditunjukkan dibandingkan dengan kedua kemampuan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 52 lebih tinggi dari kemampuan penalaran matematis sebesar 50,24. Selain itu untuk rata-rata keseluruhan kemampuan untuk kelas eksperimen 51,17 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 51. Kata Kunci: Pembelajaran Inquiry, Aplikasi Powtoon, Penalaran Matematis, Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:38
Last Modified: 06 Apr 2022 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18679

Actions (login required)

View Item View Item