STRATEGI PEMASARAN DALAM MEREKRUT SANTRI BARU PADA PONDOK PESANTREN WALI SONGO DUSUN SUKAJADI KECAMATAN BUMI RATU NUBAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

HIMMATUL, ALIYAH (2022) STRATEGI PEMASARAN DALAM MEREKRUT SANTRI BARU PADA PONDOK PESANTREN WALI SONGO DUSUN SUKAJADI KECAMATAN BUMI RATU NUBAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL HIMMATUL ALIYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Melihat fenomena yang terjadi di era globalisasi saat ini, banyak masyarakat yang masih memandang pondok pesantren sebelah mata, karena mendengar kata pondok pesantren pasti akan terpikirkan oleh ilmu-ilmu agama saja, yang mayoritas hanya mempelajari ilmu-ilmu agama dari mengkaji kitab kuning (kitab klasik). Memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pondok pesantren dengan mengenalkan dan memasarkan pondok bahwa pondok pesantren saat ini telah berbeda dengan pesantren zaman dahulu, dimana pondok pesantren saat ini banyak yang sudah lebih modern yang menggunakan fasilitas yang canggih sama seperti sekolah modern pada umumnya. Maka menjadi sangat penting memasarkan atau mengenalkan pondok pesantren wali songo kepada masyarakat di era globalisasi saat ini. Dalam perjalanan waktu ke waktu kemudian pondok pesantren tidak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan, tetapi perannya menjadi meluas yang ikut mendasari dalam mendorong transformasi sosial dan bangsa ke seluruh lapisan masyarakat. Penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi pemasaran dalam merekrut santri baru pada pondok pesantren wali songo.? Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data interview, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian pondok pesantren wali songo terdapat 2 strategi pemasaran untuk merekrut santri baru yang telah dilakukan pada pondok pesantren wali songo yaitu strategi pemasaran gerilya rendah biaya (low budget) yang promosinya menggunakan alumni karena promosi ini tidak menggunakan biaya sedikitpun. Dan strategi komunikasi pemasaran yang melakukan promosi dengan menggunakan media komunikasi. Lalu dalam rekrutmen santri baru yang digunakan pada pondok pesantren wali songo yakni penggunaan media sosial yang telah berkembang pada saat ini menjadikan pelaksanaan rekrutmen lebih mudah efisien dan efektif. Dengan menggunakan media sosial dapat mempermudah masyarakat dan calon santri untuk mengakses informasi pendaftaran yang dapat dilakukan secara online dan offline, Penggunaan 2 jenis rekrutmen ini sangat efektif dalam memanfaatkan media sosial yang ada dan dapat menghasilkan jumlah santri baru yang sangat signifikan dan meningkat setiap tahunya. Kata kunci : strategi pemasaran, rekrutmen, dan pondok pesantren. iv Abstract Seeing the phenomena that occur in the current era of globalization, many people still look at Islamic boarding schools with one eye, because hearing the word Islamic boarding school must be only religious sciences will think about it, the majority of which only study religious sciences from studying the yellow book (classical book). Provide an understanding to the public about Islamic boarding schools by introducing and marketing the boarding schools that today's Islamic boarding schools are different from the Islamic boarding schools in the past, where many Islamic boarding schools are now more modern that use the same sophisticated facilities as modern schools in general. So it becomes very important to market or introduce the Wali Songo Islamic Boarding School to the public in the current era of globalization. In the course of time later, Islamic boarding schools not only played a role as educational institutions, but their roles became broader which contributed to the underlying social and national transformation of all levels of society. This research focuses on the marketing strategy in recruiting new students at the Wali Songo Islamic Boarding School. The research method used by the author is a qualitative research method with a descriptive approach through field research. This research uses interview, observation and documentation data collection techniques. The results of the research of the Wali Songo Islamic Boarding School there are 2 marketing strategies to recruit new students that have been carried out at the Wali Songo Islamic Boarding School, namely guerrilla marketing strategy low-budget whose promotion uses alumni because this promotion does not use the slightest cost. And a marketing communication strategy that carries out promotions using communication media. Then in the recruitment of new students used at the Wali Songo Islamic Boarding School, namely the use of social media that has developed at this time makes the implementation of recruitment easier, more efficient and effective. Using social media can make it easier for the public and prospective students to access registration information that can be done online and offline. The use of these 2 types of recruitment is very effective in utilizing existing social media and can generate a very significant number of new students and increases every year. Keywords: marketing strategy, recruitment, and Islamic boarding school.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Apr 2022 04:21
Last Modified: 04 Apr 2022 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18666

Actions (login required)

View Item View Item