UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK USIA DINI MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK B1 DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN SERDANG LAMPUNG SELATAN

WANCI, REFIANTI (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK USIA DINI MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK B1 DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN SERDANG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI WANCI REFIANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan sains anak B1 di TK Dharma Wanita Persatuan Serdang Lampung Selatan masih rendah, hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaan kurang tepat, sehingga kemampuan sains anak masih rendah. Dalam pembelajaran sains perlu adanya metode yang tepat, salah satunya adalah metode eksperimen karena dengan menggunakan metode eksperimen ini dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan, membuktikan dan melihat sendiri apa yang dipelajarinya. Mengingat kemampuan sains anak kelas B1 masih rendah, maka kemampuan sains anak perlu ditingkatkan sehingga di perlukan suatu metode pembelajaran agar kemampuan sains anak dapat meningkat secara optimal. Oleh karena itu, peneliti memiliki solusi terhadap masalah peningkatan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan sains anak usia dini pada kelompok B1 di TK Dharma Wanita Persatuan Serdang Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen di TK Dharma Wanita Persatuan Serdang. Kemampuan sains dalam penelitian ini meliputi observasi, melakukan percobaan, mengelompokkan, dan mengkomunikasikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu anak kelas B1 TK Dharma Wanita Persatuan Serdang sebanyak 11 anak, yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Dalam setiap siklus 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan sains anak usia dini di kelas B1 TK Dharma Wanita Persatuan Serdang Lampung Selatan, hal ini dapat dilihat pada hasil persentase rata-rata keberhasilan kemampuan sains anak pada siklus I dengan persentase 63,63% dan pada siklus II kemampuan sains anak mengalami peningkatan dengan persentase rata-rata keberhasilan sebesar 81,81%. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa kemampuan sains anak kelas B1 TK Dharma Wanita Persatuan Serdang Lampung Selatan mengalami peningkatan dengan melalui metode eksperimen. Kata Kunci : Kemampuan Sain, Metode Eksperimen iii ABSTRACT The scientific ability of B1 children at Dharma Wanita Persatuan Serdang Kindergarten, South Lampung is still low, this is because the learning method used by the teacher in learning is not appropriate, so that the child's scientific ability is still low. In science learning, it is necessary to have the right method, one of which is the experimental method because using this experimental method can provide opportunities for children to do, prove and see for themselves what they learn. Considering that the science ability of children in grade B1 is still low, children's scientific abilities need to be improved so that a learning method is needed so that children's scientific abilities can increase optimally. Therefore, researchers have a solution to the problem of increasing children's scientific abilities through experimental methods. The problems that have been described, the formulation of the problem in this research is whether the experimental method can improve the scientific ability of early childhood in group B1 in TK Dharma Wanita Persatuan Serdang, South Lampung. This study aims to improve children's scientific ability through experimental methods at Dharma Wanita Persatuan Serdang Kindergarten. Science skills in this research include observing, conducting experiments, classifying, and communicating. This research is a classroom action research (CAR). The subjects in this study were 11 children of class B1 TK Dharma Wanita Persatuan Serdang, consisting of 4 boys and 7 girls. This research consists of two cycles. In each cycle 3 meetings. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The results showed that there was an increase in the science ability of early childhood in class B1 TK Dharma Wanita Persatuan Serdang South Lampung. Children's science has increased with an average percentage of success of 81.81%. Based on this research, the writer can conclude that the scientific ability of B1 graders at Dharma Wanita Persatuan Serdang Lampung Selatan has increased through the experimental method. Keywords: Science AbiliJty, Experimental Method

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Apr 2022 04:18
Last Modified: 04 Apr 2022 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18665

Actions (login required)

View Item View Item