PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BOARDS UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN

Susana, Sagiman (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BOARDS UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1& BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SUSAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kognitif merupakan salah satu aspek perkenbangan anak yang harus distimulus agar dapat meningkat secara optimal, pentingnya meningkatkan kognitif anak agar anak mampu melakukan eksplorasi terhadap dunia sekitarnya, dan anak dapat melangsungkan hidupnya dan menjadi manusia yang utuh sebagai mahluk Allah yang berguna bagi diri sendiri dan orang lain. Adapun media yang digunakan pada penelitian visual boards adalah salah satu media untuk meningkatkan kognitif anak, media visual boards ini dapat dilipat, boards terdapat bolak balik dapat digunakan dan terdapt dua tema ialah tema binatang dan tema tanamaman, didalam media ini terdapat pembelajaran mengklasifikasikan binatang, melengkapi huruf sesui gambar, pengurangan, tambahan, mencocokan angka sesuai jumlah gambar dan melengkapi angka dengan rute jalan, dan, pengunaan media ini dengan cara merekatkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa media pembelajaran visual boards untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini yang layak untuk digunakan sebagai penunjang bahan ajar pendidik di PAUD Nurul Himah Bakauheni dan PAUD Al-Muhzaki Bakauheni. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, Langkah-langkah yang di tempuh dalam penelitian ini meliputi: 1) Analisis (Analisysis), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), 5) Evaluasi (Evaluatation). Penelitian di uji cobakan ke 2 sekolah PAUD Nurul Hikmah Bakauheni Lampung Selatan dan PAUD Al-Muhzaki Bakauheni Lampung selatan., Penelitian dilakukan validasi ahli materi, media dan bahasa dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, dan dokumentasi, Teknik analisis data penelitian menggunaan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil dari validator ahli materi mendapatan skor 3,8 dengan kriteria “sangat baik” validator ahli media mendapatan skor 3,7 dengan kriteria “sangat baik” dan validator ahli bahasa mendapatan skor 3,0 dengan kriteria “ baik”. hasil uji coba skala kecil dilakukan 10 anak di PAUD Al-Muhzaki Bakauheni Lampung Selatan ialah 4,0 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil dari uji coba skala besar dilakukan 20 anak di PAUD Nurul Hikmah Bakauheni Lampung Selatan persentase ialah 4,0 dengan kriteria “ sangat baik”. hasil dari kesimpulan 2 penilaian guru ialah 4,0 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil peneliti menunjukan bahwa menghasilan produk berupa media pembelajaran visual boards yang dihasilan dalam penelitian pengembangan ini dinyatakan layak digunaan sebagai bahan ajar menghasilan produk berupa media visual boards untu meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Kata kunci: Media Vusual Boads, Perkembangan Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Apr 2022 04:15
Last Modified: 04 Apr 2022 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18664

Actions (login required)

View Item View Item