PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SYNECTICS BERBANTUAN SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI METAKOGNISI SISWA

EKA, MULIA APRINA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SYNECTICS BERBANTUAN SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI METAKOGNISI SISWA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL EKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Literasi matematika merupakan kemampuan sesorang dalam penafsiran, formulasi, dan penggunaan terhadap matematika di berbagai konteks. Kemudian proses metakognisi, siswa menjawab pertanyan-pertanyaan yang disajikan oleh guru dan kurangnya kesadaran guru terhadap metakognisi serta model pembelajaran yang kurang tepat merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan literasi matematis. Populasi dalam penulisan ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bukit Kemuning. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1, VII B eksperimen 2 dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji ANAVA dua jalan sel tak sama. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas, diperoleh bahwa data hasil tes dari ketiga kelompok tersebut normal dan homogen sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji anava dua jalan. Sehingga kesimpulannya yaitu (1) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran synectics berbantuan schoology, model pembelajaran synectics, dan konvensional terhadap kemampuan literasi matematis. (2) Terdapat pengaruh metakognisi tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan literasi matematis siswa. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran synectics berbantuan schoology, model pembelajaran schoology, konvensional dan metakognisi siswa (rendah, sedang, tinggi) terhadap kemampuan literasi matematis. Kata Kunci : Model Pembelajaran synectics, schoology, metakognisi dan literasi matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Apr 2022 02:59
Last Modified: 04 Apr 2022 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18659

Actions (login required)

View Item View Item