BUDAYA KERJA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK DI DINAS SOSIAL KABUPATEN LAMPUNG UTARA

NOVITA, SARI N (2022) BUDAYA KERJA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK DI DINAS SOSIAL KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS NOVITA SARI NADA.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI NOVITA SARI NADA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Budaya kerja dalam memberikan pelayanan publik itu adalah sebuah tolak ukur atau standar yang digunakan dalam suatu lembaga yang mana budaya kerja itu suatu ada tatau kebiasaan yang diakukan disuatu instansi yang bertujuan untuk menghasilkan suatu pelayanan publik yang efektif dan berkaitan dengan keramahan dari penyedia layanan, waktu pelayanan yang jelas dapat dilayani secara cepat, tepat dan akurat. Penelitian ini bersifat deskriptif atau penelitian lapangan.Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis deduktif, teknik pengambilan sampel menggunakan porposive sampling. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana budaya kerja dinas sosial dalam memberikan pelayanan publik di kabupaten Lampung utara apakah budaya yang dilakukan di lembaga Dinas Sosial itu sudah bijak atau masih dalam tahap perbaikan untuk memberikan pelayanan yang lebih optimal lagi. Berdasarkan hasil penelitian budaya kerja dinas sosial Lampung Utara belum baik karena pegawai dinas sosial Lampung utara kurang dalam kedisiplinan sehinga akan mempengaruhi pelayanan publik yang akan mereka berikan kepada masyarakat.Pelayanan publiK dinas sosial kurang baik dibuktikan dengan kurangnya kedisiplinan, kurang menguasai alat bantu dan masih ada beberapa pegawai yang tidak ramah dengan masyarakat. Budaya kerja Budaya kerja dalam memberikan pelayaanan publik kurang baik dibuktikan dengan pegawai yang kurang disiplin, belum menguasai alat bantu dan masih ada beberapa pegawai yang kurang ramah sehingga mengahambat proses pelayanan publik. Meskipun ada beberapa kekurangan namun pegawai selalu melayani dengan cepat dan tepat sehingga masyarakat tidak menunggu terlalu lama, pegawai sudah melaksanakan pelayanan standar pelayanan publik, mengutamakan kerja sama tim dalam bekerja, dan juga aktif membantu teman saat sedang menghadapi kesulitan, turut serta dalam setiap kegiatan apapun yang diberikan, bekerja dengan penuh semangat dan menghadapi permasalahan bersama. Kata Kunci: Budya Kerja, Pelayanan Publik dan Dinas Sosial iii ABSTRACT Work culture in providing public services is a benchmark or standard used in an institution where work culture is a custom or habit that is carried out in an agency that aims to produce an effective public service and is related to the friendliness of service providers, service time which clearly can be served quickly, precisely and accurately. This research is descriptive or field research. Collecting data using observation, interview, and documentation methods, with deductive analysis, sampling technique using porposive sampling. The purpose of the study is to find out how the work culture of the social service in providing public services in North Lampung district is whether the culture carried out at the Social Service institution is wise or still in the stage of improvement to provide more optimal services. Based on the results of the research, the work culture of the North Lampung social service is not good because the North Lampung social service employees lack discipline so that it will affect the public services they will provide to the community. The social service's public service is not good as evidenced by a lack of discipline, lack of mastery of assistive devices and there are still some employees who are not friendly with the community. Work culture Work culture in providing public services is not good as evidenced by employees who are less disciplined, have not mastered tools and there are still some employees who are not friendly enough to hinder the public service process. Even though there are some shortcomings, employees always serve quickly and accurately so that people don't wait too long, employees have carried out public service standards, prioritize teamwork at work, and are also active in helping friends when they are facing difficulties, participating in every activity whatever is given, work with passion and face problems together. Keywords: Work Culture, Public Service and Social Service

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:58
Last Modified: 31 Mar 2022 03:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18646

Actions (login required)

View Item View Item