PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATORDALAM MENGOPTIMALKAN KINERJA GURU DI MIN 6 BANDAR LAMPUNG

JENPI, PUSPITA SARI (2022) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATORDALAM MENGOPTIMALKAN KINERJA GURU DI MIN 6 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1,5 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala Madrasah sebagai salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam menentukan keberhasilan suatu lembaga pendidikan, karena itu Kepala Madrasah harus mampu membawa lembaganya kearah tercapainya tujuan yang telah ditetapkan, ia harus mampu melihat adanya perubahan serta mampu melihat masa depan dalam kehidupan global yang lebih baik. Namun dalam hal ini yang paling berpengaruh dalam mengoptimalkan kinerja guru adalah Kepala Madrasah sebagai motivator. Yaitu bagaimana Kepala Madrasah mengoptimalkan kinerja guru melalui motivasi yang diberikannya. Karena motivasi berfungsi untuk mengarahkan, mengaktifkan dan meningkatkan kegiatan yang dalam hal ini akan dapat menghasilkan peningkatan pada kinerja guru. Untuk itu Kepala Madrasahharus mempunyai strategi yang tepat dalam memberikan motivasi kepada tenaga pendidik agar mereka dapat meningkatkan kinerjanya. Adapun rumusan penelitian ini adalah bagaimana peran Kepala Madrasah dalam mengatur lingkungan fisik, suasana kerja, membangun kedisiplinan, memberikan dorongan, memberikan apresiasi atau penghargaan dan juga dalam menyediakan sumber atau media belajar dalam mengoptimalkan kinerja guru Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri(MIN) 6 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator Dalam Mengoptimalkan Kinerja Guru DiMadrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu informasi berupa huruf bukan angka. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan guru (Pendidik),dan juga informan berasal dari Koordinator Kurikulum, Koordinator Kemuridan, Koordinator Sarana dan Prasarana dan Staf TU MIN 6 Bandar Lampung. Data sekunder beruba data teoritis dan dokumentasi serta data pendukung lainnya yang diperoleh dari dokumen madrasah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Kepala Madrasah sebagai motivator sudah terlaksana dengan baik, dan kinerja guru yang ada di MIN 6 Bandar Lampung sudah terlaksana, hal ini dikarenakan strategi yang Kepala Madrasah lakukan sudah sesuai dengan indikator dalam teori Mulyasa yang peneliti gunakan. Adapun yang belum terlaksana adalah lingkungan fisik yang ada di madrasah masih terdapat kekurangan dalam menyediakan bangunan untuk ruangan guru yang tidak sesuai dengan jumlah guru, serta keadaan kondisi halaman belum rapih. Adapun juga dalam kedisiplinan masih ada beberapa guru yang datang terlambat. Dalam kegiatan pemberian penghargaan belum dilaksanakan karena Kepala Madrasah disana baru dilantik, dalam menyiapkan sumber atau media belajar masih ada beberapa kekurangan dalam menyediakan buku pegangan guru dan murid yang tidak sesuai dengan jumlah muridnya. Demikian dapat disimpulkan bahwa peran Kepala Madrasah sebagai motivator dalam mengoptimalkan kinerja guru sangatlah memberikan kontribusi yang baik terhadap kemajuan kualitas pembelajaran sehingga dapat mendorong mutu pendidikan dimana kinerja para tenaga pendidik merupakan kunci keberhasilan dalam dunia pendidikan. Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:29
Last Modified: 31 Mar 2022 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18641

Actions (login required)

View Item View Item