PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DIMASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 1 PRINGSEWU

DHIKA, ASTARI SETYOWATI (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DIMASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 1 PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS  DHIKA ASTARI SETYOWATI.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DHIKA ASTARI SETYOWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi dibagi menjadi dua, yaitu pembelajaran daring dan luring. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran jarak jauh yang menggunakan perangkat komunikasi dan akses internet pada pelaksanaannya. Pembelajaran luring adalah pembelajaran jarak jauh yang pelaksanaannya memerlukan tatap muka yang diatur serta media yang digunakan diantaranya modul, lembar aktivitas peserta didik, dan sebagainya Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuannya untuk memperoleh informasi mengenai problematika pembelajaran daring dan luring, serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaannya. Informasi atau data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah pendidik kelas IV di MIN 1 Pringsewu. Hasil penelitian yang didapat adalah pelasanaan pembelajaran daring dan luring dimasa pandemi di MIN 1 Pringsewu mengalami problematika. Problematika pembelajaran yang muncul berkaitan dengan pemberian materi, interaksi antara pendidik dan peserta didik, alokasi waktu pembelajaran, media pembelajaran yang digunakan, antusias peserta didik, serta dukungan orang tua. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambatnya berkaitan dengan pemberian materi, alokasi waktu pembelajaran, interaksi pendidik dan peserta didik, media pembelajaran, antusias peserta didik, serta dukungan dan kerja sama dengan orang tua. Kata Kunci: Problematika, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat, Pembelajaran Daring Dan Luring. iv ABSTRACT Distance learning during the pandemic is divided into two, namely online and offline learning. Online learning is distance learning that uses communication devices and internet access in its implementation. Offline learning is distance learning whose implementation requires regulated face-to-face meetings and the media used include modules, student activity sheets, and so on. This research uses descriptive qualitative research. The aim is to obtain information about the problems of online and offline learning, as well as the supporting and inhibiting factors in its implementation. Information or data obtained through observation, interviews, and documentation. The informants in this study were fourth grade educators at MIN 1 Pringsewu. The results of the research obtained were that the implementation of online and offline learning during the pandemic at MIN 1 Pringsewu experienced problems. The learning problems that arise are related to the provision of material, the interaction between educators and students, the allocation of learning time, the learning media used, the enthusiasm of the students, and the support of parents. The supporting factors and inhibiting factors are related to the provision of materials, allocation of learning time, interaction between educators and students, learning media, enthusiasm of students, and support and cooperation with parents. Keywords: Problematics, Supporting Factors, Inhibiting Factors, Online and Offline Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:20
Last Modified: 31 Mar 2022 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18639

Actions (login required)

View Item View Item