MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI DI TAMAN KANAK-KANAK MEKAR JAYA KECAMATAN BENGKUNAT BELIMBING PESISIR BARAT

Yusnani, Y (2017) MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI DI TAMAN KANAK-KANAK MEKAR JAYA KECAMATAN BENGKUNAT BELIMBING PESISIR BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_YUSNANI.pdf]
Preview
PDF
Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAKMELALUI PERMAINAN MELIPAT KERTAS ORIGAMIDI TAMAN KANAK-KANAK MEKAR JAYA KEC. BENGKUNAT BELIMBING PESISIR BARAT Oleh: YUSNANI Seni melipat kertas atau origami, merupakan kegiatan yang sangat baik untuk merangsang kreativitas serta membangun daya pikir anak. Menyadari hal tersebut penulis memilih untuk mencoba mengajarkan beberapa metode melipat kertas origami kepada anak-anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Mekar Jaya Kecamatan Bengkunat Belimbing Pesisir Barat. Kegiatan ini sengaja penulis adakan mengingat jumlah anak yang terlihat belum ada kegiatan yang merangsang perkembangan kreativitas anak yang di ajarkan di Taman Kanak-Kanak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui permainan melipat kertas origami dapat mengembangkan kreativitas anak di Taman Kanak-Kanak Mekar Jaya Kecamatan Bengkunat Belimbing Pesisir Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah anak kelompok B2 yang berjumlah 20 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Indikator keberhasilan yang di tetapkan yaitu jika minimal 85% dari 20 anak memiliki keberhasilan dalam permainan melipat kertas origami dengan kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan melipat kertas origami anak dapat mengembangkan kreativitas anak dan meningkat setelah adanya tindakan melalui origami. Pada siklus Ipertemuan 1 presentasi kreativitas anak sebesar 5 %yang berkembang sangat baik. Pada siklus I pertemuan 2 persentasi anak sebesar 30 % yang berkembang sangat baik. Pada siklus II pertemuan I presentasi kreativitas anak sebesar 50% yang berkembang sangat baik. Pada siklus II pertemuan 2 presentasi anak sebesar 85% yang berkembang sangat baik. Perolehan presentase tersebut menunjukkan bahwa kreativitas anak kelompok B2 dengan kriteria sangat baik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 85%. Kata Kunci : melipat kertas origami, pengembangan kreativitas Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:38
Last Modified: 02 Nov 2017 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1862

Actions (login required)

View Item View Item