EVALUASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Astri, Maya Aulia (2022) EVALUASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL ASTRI MAYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh ASTRI MAYA AULIA Latar belakang dalam penelitian ini adalah 1) letak geografis yang menjadikan MTs Muhammadiyah Sukarame diminati kalangan masyarakat. 2) Program Tahfidz Qur’an adalah program adalah program unggulan. 3) Adanya prestasi yang baik yang dicapai oleh peserta didik dalam program tahfidz Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengevalausi contexs program tahfidz Qur’an MTs Muhammadiyah. 2) Mengevaluasi input program tahfidz Qur’an MTs Muhammadiyah. 3) Mengevalausi process program tahfidz Qur’an MTs Muhammadiyah. 4) Mengevaluasi product program tahfidz Qur’an MTs Muhammadiyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluative dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dalam penelitian ini menggunakan model evaluasi teori Stufflebeam yaitu CIPP (Context, Input, Process, Product). Data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara mereduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi, dan diverifikasi dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil evaluasi dari Context program tahfidz Qur’an di MTs Muhammadiyah menunjukkan bahwa program memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas, 2) hasil evalauasi input program tahfidz Qur’an diketahui bahwa kompetisi yang dimiliki guru tahfidz sesuai karena mempunyai hafalan dan kemampuan dalam pemahaman membaca Al-Qur’an, sedangkan peserta didik dalam mengikuti program tahfidz ini memiliki antusias menghafal yang tinggi. Selain itu program ini didukung dengan sarpras yang baik, terlebih dengan adanya buku kendali yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik. 3) hasil evaluasi process program tahfidz Qur’an menunjukkan bahwa, proses pelaksanaan pembelajaran tahfidz Qur’an berjalan lancer dan sesuai dengan yang telah direncanakan. Metode yang digunakan yaitu iii talaqqi¸dan yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pelaksanaan pembelajaran tahfidz Qur’an yaitu kurangnya waktu jam pelajaran. 4) hasil evaluasi product atau hasil menunjukan bahwa pencapaian target hafalan peserta didik berjalan sesuai target, serta madrasah akan menahan ijazah peserta didik yang belum lulus tahfidz dengan memberikan fasilitas bimbingan kepada guru tahfidz hingga dinyatakan lulus. Kesimpulan: Program tahfidz Qur’an di MTs Muhammadiyah telah berjalan dengan rencana yang telah ditetepakan walaupun dlaam pelaksanaannya ada beberapa hambatan yang harus diperbaiki. Prestai tahfidz peserta didik yang baik disebabkan oleh adanya Kerjasama yang baik antara sekolah dan orang tua di rumah untuk bersama-sama memberikan semangat, dukungan dan pengaswasan dalam hafalan Qur’an anak. Kata Kunci: Evaluasi Program, Tahfidz Qur’an iv ABSTRACT Oleh Astri Maya Aulia The background in this study is 1) the geographical location that makes MTs Muhammadiyah Sukarame attractive to the public. 2) The Tahfidz Qur'an program is a superior program. 3) There are good achievements achieved by students in the Qur'an tahfidz program. This study aims to: 1) evaluate the context of the tahfidz Qur'an program at MTs Muhammadiyah. 2) Evaluating the input of the tahfidz Qur'an program at MTs Muhammadiyah. 3) Evaluating the process of the tahfidz Qur'an program at MTs Muhammadiyah. 4) Evaluating the product of the tahfidz Qur'an program at MTs Muhammadiyah. This research is a type of evaluative research with a descriptive qualitative approach, in this study using the Stufflebeam theory evaluation model, namely CIPP (Context, Input, Process, Product). Data obtained by interview, observation and documentation. Analysis of the data used in this study by reducing the data, after that it is presented in the form of a description, and verified by drawing conclusions. The results of this study indicate that: 1) the results of the evaluation of the context of the tahfidz Qur'an program at MTs Muhammadiyah show that the program has clear goals and plans, 2) the results of the evaluation of the input of the tahfidz Qur'an program are known that the competition owned by tahfidz teachers is appropriate because they have memorization and ability in understanding reading the Qur'an, while students in this tahfidz program have high enthusiasm for memorization. In addition, this program is supported by good infrastructure, especially with the control book owned by each student. 3) the results of the evaluation of the Qur'an tahfidz program process v indicate that the process of implementing the Qur'an tahfidz learning process runs smoothly and according to what has been planned. The method used is talaqqi and the obstacle in the implementation of the implementation of learning tahfidz Qur'an is the lack of lesson time. 4) the results of the product evaluation or results show that the achievement of the student's memorization target goes according to the target, and the madrasa will hold the diploma of students who have not passed tahfidz by providing guidance facilities to tahfidz teachers until they are declared graduated. Conclusion: The Qur'an tahfidz program at MTs Muhammadiyah has been running according to a predetermined plan, although in its implementation there are several obstacles that must be corrected. Good student tahfidz achievement is caused by good cooperation between the school and parents at home to jointly provide encouragement, support and supervision in children's memorizing the Qur'an. Keywords: Program Evaluation, Tahfidz Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2022 06:54
Last Modified: 29 Mar 2022 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18618

Actions (login required)

View Item View Item