PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CBL BERBANTUAN E-LEARNING KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK

MAHFUZH, Tunut (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CBL BERBANTUAN E-LEARNING KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi MAHFUZH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang dimiliki peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan dengan memanfaatkan kekuatan logika matematika, serta menggunakan metode untuk menemukan solusi melalui tahapan�tahapan pemecahan masalah. Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan berpikir yang ditandai dengan kemampuan mengidentifikasi, merumuskan pokok-pokok permasalahan, mengungkap data, definisi, dan kemampuan mengevaluasi argument yang relevan terhadap penyelesaian suatu masalah dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil wawancara yang telah diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik di MTs Negeri 1 Tanggamus masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kurang variatifnya model pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran challenge based learning (CBL) berbantuan e- learning kahoot terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental Design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Tanggamus, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B dan kelas VIII C. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Manova dengan taraf signifikan 0,05 dan diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran challenge based learning (CBL) berbantuan e- learning kahoot terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis peserta didik, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran challenge based learning (CBL) berbantuan e- learning kahoot terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, (3) terdapat pengaruh model pembelajaran challenge based learning (CBL) berbantuan e- learning kahoot terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik, Kata Kunci: Model Pembelajaran Challenge Based Learning, E�Learning Kahoot, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2022 03:20
Last Modified: 29 Mar 2022 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18607

Actions (login required)

View Item View Item