TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG ESTIMASI TAKARAN PADA JUAL BELI BENSIN (Studi Pada Toko Dua Dara di Kelurahan. Tiyuh Gunung Sari, Kecamatan. Lambu Kibang, Kabupaten. Tulang Bawang Barat)

HESTI, LISTIYANA (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG ESTIMASI TAKARAN PADA JUAL BELI BENSIN (Studi Pada Toko Dua Dara di Kelurahan. Tiyuh Gunung Sari, Kecamatan. Lambu Kibang, Kabupaten. Tulang Bawang Barat). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI HESTI LISTIYANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Islam telah mengatur ketentuan-ketentuan dalam bermuamalah, sehingga segala transaksi jual beli harus dilakukan sesuai dengan aturan dan ketentuan hukum Islam. sebagaimana ia harus menjelaskan cacat barang yang tidak terlihat oleh pembeli seperti cacat bahan, kurangnya ukuran timbangan, takaran volume dan lain-lain. Salah satu benda yang memerlukan takaran adalah bensin. Terdapat sebuah toko yang sistem penjualannya yaitu dengan mengemas kedalam botol atau derigen yang awal mula ditakar menggunakan pompa pertamini sesuai dengan harga yang telah ditetapkan, tetapi dalam botol tersebut tidak ditandai tinggi volume yang sesuai dengan hasil takaran yang menggunakan pompa pertamini tersebut, penjual hanya mengingat dan mengira-ngira volume bensin di dalam botol, sehingga terdapat perbedaan volume antara botol satu dengan botol yang lain. Sehingga terjadinya suatu rumusan masalah mengenai Bagaimana Pelaksanaan Estimasi Takaran pada Jual Beli Bensin di Toko Dua Dara ? Bagaimana pandangan Hukum Islam tentang Estimasi Takaran pada Jual Beli Bensin? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini diantaranya yaitu untuk mengetahu pelaksanaan estimasi takaran pada transaksi jual beli bensin di Toko Dua Dara tersebut dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam tentang estimasi takaran pada jual beli bensin pada Toko Dua Dara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yakni riset yang dilakukan dan bersumber langsung dari Toko Dua Dara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan dokumentasi yang didapatkan dari buku-buku, dokumen atau jurnal yang menunjang penelitian. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan skunder, dan metode pengolahan data yang digunakan yaitu pemeriksaan Data, klasivikasi, verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan bahwa, objeknya jual belinya ialah bensin yang dijual eceran dan ditakar di dalam botol menggunakan estimasi dalam takarannya. Selanjutnya untuk proses estimasi dan penentuan harga iii penjual menggunakan daya ingat dan perkiraan. Dimana pada saat itu penjual menakarnya menggunakan pompa pertamini dengan satu botol dan tidak ditandai berapa ukuran volume yang sesuai dengan harga yang telah ditetapkan pada bensin tersebut dan terdapat perbedaan volume antara bensin satu dengan yang lain. urf shahih dan tidak bertentangan dengan syariat Islam. Ketidakjelasan dalam kuantitas objek yang diperjualbelikan dengan sistem taksir ini sangat kecil (sedikit) sehingga hal ini diperbolehkan dalam ketentuan jual beli, dan masyarakat memaklumi karena mereka memang membutuhkan transaksi tersebut dan mengetahui kualitasnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2022 03:07
Last Modified: 29 Mar 2022 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18606

Actions (login required)

View Item View Item