PENGARUH KEPRIBADIAN, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN RIL angkatan 2017)

PEGI, PARISTIA (2022) PENGARUH KEPRIBADIAN, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN RIL angkatan 2017). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB 1, BAB 2, DAPUS PEGI PARISTIA.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI PEGI PARISTIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tantangan dalam pembangunan suatu negara adalah menangani masalah pengangguran. Pengangguran merupakan penyakit social yang diakibatkan oleh ketiadaan atau kekurangan lapangan pekerjaan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah pengangguran di Indonesia pada Agustus 2020 mencapai 9,77 juta orang. jumlah pengangguran tersebut naik 2,67 juta orang dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan jumlah Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) per Agustus 2020 sebesar 7,07 persen, meningkat 1,84 persen poin dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Berdasarkan artikel yang dipublikasikan oleh Kompas.com, Kemenker menyatakan bahwa pengangguran terbuka banyak dari lulusan perguruan tinggi yaitu sekitar 6,97 persen lulusan universitas dan 6,61 persen lulusan diploma. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada mahasiswa perguruan tinggi dipercaya merupakan salah satu alternatif jalan keluar untuk mengurangi tingkat pengangguran. Karena itu, para sarjana lulusan perguruan tinggi perlu diarahkan untuk tidak hanya berorientasi sebagai pencari kerja (job seeker) namun dapat dan siap menjadi pencipta pekerjaan (job creator). Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian, lingkungan keluarga, dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha dalam perspektif manajemen bisnis islam pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung angkatan 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2017. Sampel penelitian berjumlah 87 responden dengan menggunakan teknik proportional sampling yaitu sampling berimbang. Pengumpulan data melalui kuesioner. Metode analisis data menggunakan partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) dengan software SmartPLS 3 untuk pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepribadian mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan dengan variabel Minat Berwirausaha mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung angkatan 2017, hal tersebut membuktikan bahwa kepribadian tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa. Variabel lingkungan keluarga mempunyai pengaruh positif dan signifikan dengan variabel Minat Berwirausaha mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung angkatan 2017.. Variabel pendidikan kewirausahaan mempunyai pengaruh positif dan signifikan dengan variabel Minat Berwirausaha mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung angkatan 2017. Penerapan kepribadian, Lingkungan Keluarga, dan pendidikan Kewirausahaan dalam Perspektif Manajemen Bisnis Syariah sudah sangat baik. Kata Kunci : Kepribadian, Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Mar 2022 02:35
Last Modified: 29 Mar 2022 02:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18604

Actions (login required)

View Item View Item