TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI FUNGSI BALAI PEMASYARAKATAN (BAPAS) DALAM MELAKSANAKAN BIMBINGAN TERHADAP KLIEN ANAK (Studi Kasus Balai Pemasyarakatan Kelas II A Kotabumi Kabupaten Lampung Utara)

LINTAR, YUDHA DIRGANTARA (2022) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI FUNGSI BALAI PEMASYARAKATAN (BAPAS) DALAM MELAKSANAKAN BIMBINGAN TERHADAP KLIEN ANAK (Studi Kasus Balai Pemasyarakatan Kelas II A Kotabumi Kabupaten Lampung Utara). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LINTAR YUDHA DIRGANTARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Balai pemasyarakatan diharapkan menjadi lembaga yang membimbing klien pemasyarakatan khususnya klien anak, yang diharapkan menjadi lembaga yang membimbing klien pemasyarakatan untuk dapat berintegrasi di masyarakat. Konsekuensi dari ketentuan pasal 28B Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 perlu ditindak lanjuti dengan membuat kebijakan pemerintah yang bertujuan melindungi Anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi fungsi Bapas dalam melaksanakan bimbingan terhadap klien anak di balai pemasyarakatan Bukit Kemuning dan bagaimanakah tinjauan fiqh siyasah terhadap implementasi fungsi bapas dalam melaksanakan bimbingan terhadap klien anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan fungsi bapas dalam melaksanakan bimbingan terhadap klien anak , dan untuk mengetahui padangan fiqh siyasah terhadap implementasi peran dan fungsi bapas dalam melaksanakan bimbingan terhadap klien anak. Jenis dan metode penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif analisis yaitu penelitian yang menuturkan dan menguraikan data yang bersumber dari data primer melalui wawancara, observasi, maupun pustaka. Dan berupa sumber sumber hukum islam, dan peraturan perundang undangan. Data data yang didapat kemudian sebagai rujukan untuk selanjutnya di analisa secara sistematis ,kemudian dikelola secara metode induktif yaitu metode menganalisa data dengan cara bermula dari data yang bersifat umum kemudian dari data yang bersifat umum tersebut ditarik kesimpulan yang bersifat khusus. Berdasarkan Hasil dan kesimpulan dari penelitian mengenai tinjauan fiqh siyasah terhadap implementasi fungsi Bapas dalam melaksanakan bimbingan terhadap klien anak di Bapas Kelas II Kotabumi dapat disimpulkan bahwa dalam tinjauan fiqh siyasah Bapas menjalankan fungsi dalam membimbing klien anak memang telah berjalan baik tidak ada yang melanggar kaidah hukum Islam maupun fiqh siyasah dan telah bekerja sesuai dengan peraturan perundang´┐Żundangan Undang-Undang No 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan dalam menjalankan tugas dan fungsi Bapas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Mar 2022 06:45
Last Modified: 28 Mar 2022 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18599

Actions (login required)

View Item View Item