ANALISIS TEKNIKAL PERGERAKAN HARGA SAHAM UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA SAHAM SUBSEKTOR FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

BAYU, MAULANA (2022) ANALISIS TEKNIKAL PERGERAKAN HARGA SAHAM UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA SAHAM SUBSEKTOR FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAYU MAULANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Analisis teknikal digunakan sebagai metode dalam investasi yang mempelajari pergerakan harga saham. Pada masa pandemi covid-19 investasi saham menggunakan analisis teknikal merupakan suatu usaha dalam strategi keputusan investasi. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui, menjelaskan, dan mendeskripsikan dampak pandemi covid-19 terhadap arah trend pergerakan harga saham subsektor farmasi periode januari hingga desember 2020, untuk mengetahui bagaimana keputusan investasi dengan mengetahui kapan yang tepat untuk membeli dan menjual saham subsektor farmasi periode januari hingga desember 2020 dengan menggunakan indikator analisis teknikal yaitu exponential moving average, serta untuk menjelaskan serta mendeskripsikan pergerakan harga saham subsektor farmasi pada masa pandemi covid-19 dengan strategi analisis teknikal dalam perspektif ekonomi islam. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif, sumber berupa data sekunder dengan metode pengumpulan data dari studi kasus pada pergerakan harga saham subsektor farmasi dan studi literatur yang diperoleh dari berbagai jurnal, buku, website, serta laporan tahunan yang dipublikasikan perusahaan. Input data menggunakan aplikasi investing.com. Hasil penelitian ini yaitu pergerakan harga saham subsektor farmasi pada masa pandemi covid�19 periode januari hingga desember 2020 bergerak fluktuatif membentuk pola downtred (bearish),uptrend (bullish) dan sideways, diperoleh keputusan yang tepat untuk membeli saham subsektor farmasi dengan indikator analisis teknikal yaitu exponential moving average dan dengan strategi investasi saham menggunakan analisis teknikal merupakan salah satu bentuk usaha yang dilakukan dengan baik dan benar agar investasi tersebut terhindar dari transaksi yang diharamkan dalam islam. Berinvestasi saham menggunakan strategi analisis teknikal membantu memberikan solusi yang tepat dalam transaksi di pasar modal syariah karena menghindari praktik gharar atau ketidakjelasan yang berujung spekulasi dengan menebak nebak demi keuntungan semata, dan perjudian (maysir), karena analisis teknikal merupakan suatu ilmu pengetahuan yang ilmiah. Kata Kunci : Analisis Teknikal, Harga saham

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Mar 2022 04:42
Last Modified: 28 Mar 2022 04:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18597

Actions (login required)

View Item View Item