TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG KERJASAMA PEMELIHARAAN SAPI KURBAN ANTARA PNPM (PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT) MANDIRI DENGAN MASYARAKAT (Studi Di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar)

ALFIONDRI, A.S (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG KERJASAMA PEMELIHARAAN SAPI KURBAN ANTARA PNPM (PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT) MANDIRI DENGAN MASYARAKAT (Studi Di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALFIONDRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kerjasama pemeliharaan sapi kurban antara PNPM Mandiri dengan masyarakat Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar dan bagaimana pandangan hukum Islam tentang pelaksanaan kerjasama pemeliharaan sapi kurban antara PNPM Mandiri dengan masyarakat Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kerjasama pemeliharaan sapi kurban antara PNPM Mandiri dengan masyarakat Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam tentang pelaksanaan kerjasama pemeliharaan sapi kurban antara PNPM Mandiri dengan masyarakat Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan penelitian ini bersifat deskriptif analisis, sumber data yaitu data primer dan sekunder, populasi dan sampel dilakukan pada pihak yang terkait dalam kerjasama pemeliharaan sapi kurban antara PNPM Mandiri dengan masyarakatat Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, metode pengolahan data dilakukan dengan cara pemeriksaan data dan sistematika data, teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode deduktif untuk mengetahui gambaran umum sistem kerjasama pemeliharaan sapi kurban antara PNPM Mandiri dengan masyarakat Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar. Berdasarkan hasil penelitian, dalam pelaksanaan kerjasama pemeliharaan sapi kurban antara PNPM Mandiri dengan masyarakat Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar bahwa pihak pertama adalah PNPM Mandiri dan pihak kedua adalah masyarakat. Pihak pertama menyediakan sapi kurban untuk dipelihara oleh pihak kedua dengan pembagian keuntungan 40% untuk pihak pertama dan 60% untuk pihak kedua dari keuntungan penjualan sapi kurban yang sudah di pelihara selama 3,5 bulan. Adapun resiko yang menyebabkan kerugian, jika sapi kurban tersebut mati dikarenakan kelalaian pihak kedua, maka itu sepenuhnya tanggung jawab pihak kedua. Tetapi, jika sapi kurban tersebut mati bukan karena kelalaian ataupun dicuri di kandang yang aman dan layak, maka kerugian ditanggung oleh kedua belah pihak yang mana pihak pertama rugi iii akan modal sedangkan pihak kedua rugi akan kandang, pangan, dan waktu pemeliharaan. Namun pihak pertama tetap memberikan uang santunan sebesar Rp.250.000 kepada pihak kedua atas dasar kebersamaan dan kekeluargaan. Adapun pandangan hukum Islam tentang kerjasama pemeliharaan sapi kurban antara PNPM Mandiri dengan masyarakat Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar merupakan akad syirkah al-‘inan dengan prinsip saling menguntungkan dan tolong-menolong. Hal ini dikarenakan kedua belah pihak menyertakan modal yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Mar 2022 04:36
Last Modified: 28 Mar 2022 04:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18596

Actions (login required)

View Item View Item