PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT, ACTIVITIES, COOPERATIVE, EXERCISE (PACE) DENGAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

INTAN, PUTRI MAHARANI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT, ACTIVITIES, COOPERATIVE, EXERCISE (PACE) DENGAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI INTAN PUTRI MAHARANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran PACE dengan Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Rancangan penelitian yang digunakan quasi eksperiment dengan Posttest-only control design. Variabel bebas adalah model pembelajaran PACE dengan Reciprocal Teaching. Variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis dengan populasi penelitian adalah seluruh perserta didik kelas X SMAN 1 Simpang Pematang, Mesuji. Sampel penelitian peserta didik kelas X mia 1 & 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X mia 3 sebagai kelas kontrol. Data diambil pada saat posttest. Uji hipotesis menggunakan manova dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum uji manova, maka dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Hasil penelitian bahwa model pembelajaran PACE dengan Reciprocal Teaching berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dan model pembelajaran PACE dengan Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis, selain itu juga terdapat pengaruh model pembelajaran PACE dengan Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis. Sehingga dapat disarankan untuk pembelajaran selanjutnya dapat diaplikasikan, supaya kemampuan peserta didik dapat ditingkatkan dan dikembangkan. Kata Kunci : PACE, Reciprocal Teaching, Berpikir Kritis, Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:56
Last Modified: 28 Mar 2022 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18592

Actions (login required)

View Item View Item