KEMITRAAN PEMERINTAHAN DESA DENGAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN GUNA MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN DESA YANG BERKELANJUTAN PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Pada Pekon Pekonmon Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat )

AGUSTIN, MAYASARI (2022) KEMITRAAN PEMERINTAHAN DESA DENGAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN GUNA MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN DESA YANG BERKELANJUTAN PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Pada Pekon Pekonmon Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat ). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AGUSTIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pekon Pekonmon terletak di Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat. Mata pencarian masyarakat di daerah ini sebagian besar adalah nelayan. Nelayan sering dihadapkan dengan persoalan kemiskinan, serta prasarana, sarana, akses pendanaan, dan pembiayaan terbatas. Belum adanya komitmen dari pihak terkait untuk memberikan kesempatan sepenuhnya kepada koperasi nelayan untuk mengelola program pemerintah secara mandiri. Program pemerintah yang ada justru semakin melemahkan kelembagaan koperasi nelayan dengan indikasi semakin meningkatnya ketergantungan koperasi nelayan terhadap bantuan dana pemerintah. Rumusan masalah yang akan diangkat oleh peneliti adalah bagaimana kemitraan pemerintah desa dengan masyarakat dalam pengelolaan hasil tangkapan nelayan di Pekon Pekonmon Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat dan bagaimana perspektif fiqh siyasah tentang kemitraan pemerintah desa dengan masyarakat dalam pengelolaan hasil tangkapan nelayan di Pekon Pekonmon Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yaitu mengadakan penelitian lapangan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat analisis deskripsi, sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Pengolahan data dengan menggunakan populasi dan sampel. Analisis data menggunakan kualitatif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa kemitraan Pemerintah Desa dengan masyarakat dalam pengelolaan hasil tangkapan nelayan guna mewujudkan pembangunan desa yang berkelanjutan belum berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan karena kurangnya koordinasi antara Pemerintah Desa dengan masyarakat.. Belum adanya komitmen dari pihak terkait untuk memberikan kesempatan sepenuhnya kepada koperasi nelayan untuk mengelola program pemerintah secara mandiri. Program pemerintah yang ada justru semakin melemahkan kelembagaan koperasi nelayan dengan indikasi semakin meningkatnya ketergantungan koperasi nelayan terhadap bantuan dana pemerintah. Perspektif fiqh siyasah tentang hubungan pemerintah desa dengan masyarakat dalam pengelolaan hasil tangkapan nelayan di Pekon Pekonmon Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat bahwa kepemimpinan dalam Islam di dalam ajarannya berisikan tentang banyak hal, masalah pembangunan dan kesejahteraan merupakan masalah yang sangat penting karena dengannya kehidupan akan berjalan dengan baik. Kata kunci : Fiqh Siyasah, Kemitraan, Pengelolaan, Pembangunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Mar 2022 03:47
Last Modified: 25 Mar 2022 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18568

Actions (login required)

View Item View Item