MANAJEMEN PROGRAM KELAS KURSUS DAN KELAS KHUSUS PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG

NOVIANTI, Untung Rachman (2022) MANAJEMEN PROGRAM KELAS KURSUS DAN KELAS KHUSUS PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Tesis Novianti 1986131042 (Cover-BAB II +Daftar Pustaka).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Tesis Novianti 1986131042.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung merupakan salah satu sekolah swasta yang menerapkan manajemen pengelompokan peserta didik dengan metode pengelompokan kelas kursus dan kelas khusus bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. perencanaan program kelas kursus dan kelas khusus peserta didik di SMP Muhammadyah 3 Bandar Lampung. 2. Pelaksanaan program kelas kursus dan kelas khusus peserta didik di SMP Muhammadyah 3 Bandar Lampung. Serta 3. Evaluasi program kelas kursus dan kelas khusus peserta didik di SMP Muhammadyah 3 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber informasi diambil dari kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan dan waka ismuba. Teknik pengumpulan data diambil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Prosedur analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah pertama, perencanaan program kelas kursus dan kelas khusus dengan mengumpulkan data-data terkait administrasi yang dibutuhkan untuk persiapan perencanaan program ini. Selanjutnya melakukan perekrutan SDM serta kerja sama dengan lembaga yang berkompeten menangani tahfiz. Terakhir melakukan perekrutan peserta didik baru. Kedua, pelaksanaan kelas kursus ini dilakukan pada jam terakhir setelah kegiatan belajar mengajar dengan jadwalnya satu kali dalam seminggu. Kegiatan kelas kursus ini terdiri dari hafalan ayat Al-Quran untuk kelas tahfiz, dengan target hafalan tambah 3 Juz dari hafalannya terdahulu. Sedangkan untuk kelas bahasa Arab dan Inggris diisi dengan puisi, pidato, percakapan, debat, menyanyi, permainan, baca berita dan story telling, yang kesemuanya ini juga dipersiapkan untuk menghadapi aktifitas perlombaan di samping tujuan inti yang ingin dicapai oleh lembaga yaitu agar peserta didik mempunyai keterampilan dan keahlian (life skill) dalam berbahasa asing. Ketiga, evaluasi programnya adalah terbentuknya pengelompokan kelas kursus dan kelas khusus sejak awal penerimaan peserta didik baru agar dapat mengurangi waktu yang terbuang ketika terjadi perpindahan kelas pada saat pelaksanaan program. Kata Kunci:Manajemen Program, Kelas Kursus, Kelas Khusus, Pengelompokan. vii ABSTRACT Muhammadiyah 3 Junior High School Bandar Lampung was one of the private schools that implements student grouping management program, with the class grouping and special class method for students. This study aims to know about 1. plan a class program for students at Muhammadyah 3 Junior High School Bandar Lampung. 2. Implementation of the student course and special class program at Muhammadiyah 3 Junior High School Bandar Lampung. And 3. Evaluation of the student course and special class program at Muhammadiyah 3 Junior High School Bandar Lampung. The type of research used was descriptive qualitative with sources of information taken from the principal, waka curriculum, waka student and waka ismuba. Data collection techniques were taken from interviews, observation and documentation. Data analysis procedures consist of data reduction, data presentation and data verification. The validity of the data was tested by source triangulation and technique triangulation. The results of this study were first, the program planning for special courses and classes by collecting administrative-related data needed for thr preparation of this program planning. Then recruiting human resources and collaborating with competent institution to handle tahfiz. Lastly, recruit new students. Second, the implementation of this course class was carried out in the last hour after teaching and learning activities with the schedule once a week. This course class activity consists of memorizing verses of the Quran for the tahfiz class, with a target of adding 3 juz of memorization from the previous memorization. Meanwhile, the Arabic and English classes were filled with poetry, speeches, conversations, debates, singing, games, reading news storytelling, all of which were also prepared to face competition, in addition to the core goal to be achieved by the institution, the students have life skill in foreign languages. Third, the evaluation of the program is the formation of grouping of course classes and special classes from the beginning of the acceptance of new students in order to reduce the time wasted when there is a class shift during the implementation of program and activities. Keywords: Program Management, Class Course, Special Class, Grouping.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Mar 2022 08:07
Last Modified: 24 Mar 2022 08:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18561

Actions (login required)

View Item View Item