MUSIK SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi pada Dakwah Opick Melalui Media Musik)

ZULEHA, Juman (2022) MUSIK SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi pada Dakwah Opick Melalui Media Musik). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ZULEHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Musik merupakan sebuah media yang sangat banyak digandrungi oleh khalayak baik anak-anak, remaja, orang dewasa ataupun orang-orang tua. Dewasa ini dakwah tidak hanya dilakukan dari mimbar ke mimbar tetapi banyak media yang bisa dijadikan jembatan sebagai media atau perantara dakwah seperti film, konten social media sinetron, radio, acara-acara talk show, musik dan lain sebagainya. Seorang da’I harus mengetahui penyampain dakwah yang lebih efektif dan evisien untuk menunjang keberhasilan dakwahnya, salah satunya adalah melalui media musik. Seperti yang dilakukan oleh Opick beliau menyampaikan dakwah melalui media musik. Fokus masalah yang akan diteliti pada skripsi ini adalah sasaran dakwah Opick melalui media musik pop religi. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui aktivitas dan sasaran dakwah Opick melalui media musik pop religi. Untuk mengidentifikasi secara mendalam, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian ini adalah field research. Metode pengumpulan data dengan cara kuesioner, wawancara, dan observasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa sasaran dakwah opick melalui media musik pop religi adalah remaja kisaran usia 12 sampai 20 tahun dan dewasa 21 sampai 30 tahun. Artinya berdakwah melalui media musik pop religi sangat efektif dilakukan disaat kemajuan budaya global sangat pesat. Dimana banyak jenis-jenis musik yang bisa dipilih oleh pendengar. Opick memanfaatkan musik sebagai jembatan dia dalam berdakwah agar semua pesan dan makna lirik yang ada didalam lagu-lagunya bisa diresapi dan dipahami oleh pendengarnya. Karya-karya opick bisa didengarkan di youtube dan aplikasi-aplikasi mendengar musik lainnya yang bisa diakses oleh pengguna internet. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sasaran dakwah Opick melalui media musik pop religi adalah memiliki usia 11-17 tahun, dewasa 17-30 tahun, dan usia lanjut 31 tahun dan seterusnya. Kata kunci : Musik Sebagai Media Dakwah. ii ABSTRACT Music is a medium that is very much loved by audiences, both children, teenagers, adults and parents. Today da'wah is not only carried out from pulpit to pulpit but there are many media that can be used as bridges as media or intermediaries for da'wah such as films, social media content, soap operas, radio, talk shows, music and so on. A da'i must know who is a more effective and efficient preacher to support the success of his da'wah, one of which is through the media of music. Like what Opick did, he delivered da'wah through the media of music. The focus of the problem that will be studied in this thesis is the target of Opick's da'wah through the media of religious pop music. The purpose of this study was to find out the activities and targets of Opick's da'wah through the media of religious pop music. To identify in depth, this research uses qualitative research methods, this type of research is field research. Methods of collecting data by means of questionnaires, interviews, and observations. The results of this study indicate that the target of opick da'wah through the media of religious pop music is teenagers aged 12 to 20 years and adults 21 to 30 years. This means that preaching through the media of religious pop music is very effective when the progress of global culture is very rapid. Where many types of music that can be chosen by listeners. Opick uses music as his bridge in preaching so that all the messages and meanings of the lyrics in his songs can be absorbed and understood by the listeners. Opick's works can be listened to on YouTube and other music listening applications that can be accessed by internet users. The conclusion of this study is that the target of Opick's da'wah through the media of religious pop music is to have an age of 11-17 years, adults 17-30 years, and the elderly 31 years and so on. Keywords : Music as a Da'wah Media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Mar 2022 06:27
Last Modified: 24 Mar 2022 06:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18559

Actions (login required)

View Item View Item