PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAMUKA PENGGALANG DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS 5 SD/MI

YULI, DAMAYANTI (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAMUKA PENGGALANG DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS 5 SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DAMAYANTI 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berangkat dari analisis kinerja pendidik dan juga analisis kebutuhan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar sehingga perlu dikembangkan produk berupa buku pramuka penggalang sebagai bahan ajar pembelajaran. Penelitian ini bertujuan agar peserta didik lebih tertarik dan termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar serta berguna untuk membentuk karakter bagi anggota pramuka penggalang. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah pengembangan (Research and Development atau R&D). Penelitian ini mengacu pada model Borg and Gall dan dibatasi dari sepuluh langkah menjadi tujuh langkah, yang meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, dan revisi produk. Instrument yang digunakan berupa skala Likert untuk mengetahui tingkat kelayakan, respon pembina dan respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa, pembina dan peserta didik. Tingkat kelayakan bahan ajar pramuka penggalang dalam membentuk karakter diperoleh dari hasil beberapa ahli validator diantaranya: validasi materi memperoleh hasil persentase sebesar 85,22% dengan kategori “Sangat Layak”, validasi media memperoleh hasil persentase sebesar 91,17% dengan kategori “Sangat Layak”, validasi bahasa memperoleh hasil persentase sebesar 88,8% dengan kategori “Sangat Layak”. Untuk penilaian dari respon pembina memperoleh hasil persentase sebesar 87,5% dengan kategori “Sangat Layak”, dan untuk penilaian dari respon peserta didik dengan skala kecil dan skala besar memperoleh hasil persentase sebesar 85,5% dan 87,75% dengan kategori “Sangat Layak”. Kata Kunci: Bahan Ajar, Pramuka, Karakter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Mar 2022 07:05
Last Modified: 22 Mar 2022 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18540

Actions (login required)

View Item View Item