TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TENTANG PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK DALAM TRANSAKSI BISNIS PAKAIAN (Studi di Lady Fame Bandar Lampung)

JANIA, RAHMA SARI (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TENTANG PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK DALAM TRANSAKSI BISNIS PAKAIAN (Studi di Lady Fame Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Lady fame adalah dress store yang dikenal konsumennya sebagai penyedia berbagai macam produk pakaian. Perkembangan dunia teknologi yang makin pesat, turut mengharuskan lady fame memperbaiki cara penjualan dan sistem pembayaran yang ada di lady fame selama ini. Berdasarkan kebutuhan untuk memuaskan konsumen, kini lady fame melayani sistem pembayaran dengan sistem non tunai namun juga tetap melayani transaksi pembayaran dengan sistem tunai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang penggunaan uang elektronik dalam transaksi bisnis pakaian di lady fame Bandar Lampung 2) Bagaimana tinjauan hukum positif tentang penggunaan uang elektronik dalam transaksi bisnis pakaian di lady fame Bandar Lampung. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam tentang penggunaan uang elektronik dalam transaksi bisnis pakaian di lady fame Bandar Lampung dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum positif tentang penggunaan uang elektronik dalam transaksi bisnis pakaian di lady fame Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lapangan (field research) dengan penelitian yang bersifat deskriftif analitis. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang mana setelah data terkumpul dilakukan pengolahan data dengan cara pemeriksaan data, sistematisasi data, kemudian dianalisis dalam bentuk analisis kualitatif. Berdasarkan analisis tersebut, transaksi pembayarannya menggunakan uang elektronik di lady fame tidak ada penambahan biaya. Konsumen hanya diharuskan membayar atas barang yang akan konsumen beli dengan nominal yang telah ditetapkan pada setiap item produk yang ada di lady fame. Transaksi menggunakan uang elektronik sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, memenuhi asas manfaat, maslahat, kerelaan, tolong menolong, tidak terdapat unsur yang diharamkan oleh agama, dan memberikan keamanan dalam bertansaksi serta memiliki pengaruh positif. Transaksi bisnis pakaian dengan menggunakan sistem pembayaran uang elektronik juga tidak melanggar UU Mata Uang atau peraturan�peraturan yang mengatur tentang uang. Transaksi ini bukanlah merupakan penolakan rupiah, dan juga bukan diskriminasi terhadap uang rupiah dalam bentuk uang kertas dan uang logam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Mar 2022 08:08
Last Modified: 21 Mar 2022 08:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18528

Actions (login required)

View Item View Item