PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH KELAS VIII DI MTS N 2 PESAWARAN

Muamar, Daffy (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH KELAS VIII DI MTS N 2 PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Muamar Daffy.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan kegiatan yang dilakukan suatu masyarakat untuk memelihara kelangsungan hidup, kebudayaan dan peradaban masyarakat itu sendiri, melalui proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar peerta didik , disebabkan karena proses pembelajaran masih berpusat hanya pada pendidik atau metode, strategi dan media yang digunakan kurang bervariasi. Di MTsN 2 Pesawaran hasil belajar Fikih kelas VIII masih terbilang rendah. Oleh sebab itu peneliti menggunakan media pembelajaran Multimedia, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran multimedia terhadap hasil belajar Fikih kelas VIII di MTsN 2 Pesawaran. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif analisis data bersifat Statistik, design yang digunakan adalah non-equivalent control grup design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VIII A sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes berupa pilihan ganda untuk aspek hasil belajar kognitif. Berdasarkan hasil penelitian pada bab sebelumnya, maka penelitian mengenai Penggunaan media multimedia terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran Fikih kelas VIII MtsN 2 Pesawaran.Didapat hasil pretest kelas kontrol yaitu kelas VIII B dengan nilai rata-rata 50 dan posttest dengan nilai rata-rata 54 sehingga dapat dilihat perbedaannya sebesar 0,04. Sedangkan kelas eksperimen yaitu kelas VIII A didapat hasil pretest dengan nilai rata�rata 56 dan posttest 78 terlihat perbedaan sebesar 22. Setelah melakukan uji normalitas dan uji homogenitas didapat bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama, kemudian dilakukan uji hipotesis dan diperoleh keputusan Thitung = 5.89 > TTabel = 0,000 atau nilai Sig < a yaitu 0,000<0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Hi diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan media multimedia terhadap hasil belajar Fikih kelas VIII di MtsN 2 Pesawaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:30
Last Modified: 21 Mar 2022 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18527

Actions (login required)

View Item View Item