IMPLEMENTASI CLASSROOM MANAGEMENT FOR EFFECTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI MTs MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG

Endang, Mukti Rahayu (2022) IMPLEMENTASI CLASSROOM MANAGEMENT FOR EFFECTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI MTs MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ENDANG MUKTI RAHAYU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Kelas merupakan sebuah ruangan yang dijadikan sebagai tempat berlangsungnya proses belajar mengajar antara guru dan peserta didik. Guru sangat berperan penting di dalam kelas, karena guru memiliki peran penting dalam mengatur semua aktivitas di dalam kelas agar proses pembelajaran berjalan secara kondusif. Guru harus memiliki kemampuan untuk mengatur peserta didik dalam memahami setiap materi pembelajaran yang diberikan. Selain itu, di dalam kelas guru melaksanakan dua tugas pokoknya yaitu kegiatan mengajar dan mengelola kelas. Dalam suatu manajemen kelas seorang guru memiliki andil yang sangat penting terhadap keberhasilan pembelajaran yang ada di sekolah. Manajemen kelas bertujuan untuk membangun pengendalian diri peserta didik melalui proses peningkatan belajar peserta didik yang efektif dan efesien yang ada di MTs Masyariqul Anwar Bandar Lampung. Penulis melakukan penelitian ini secara langsung di lapangan untuk mendapatkan informasi dan mengumpulkan data yang diperlukan untuk penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dari penelitian yang diamati. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Masyariqul Anwar Bandar Lampung, di sekolah ini merupakan sebuah lokasi yang dijadikan penulis sebagai tempat penelitian. Dalam manajemen kelas terdapat tujuan manajemen kelas, fungsi manajemen kelas, aspek manajemen kelas, prinsip-prinsip manajemen kelas, implementasi manajemen kelas, pendekatan manajemen kelas dan hambatan-hambatan manajemen kelas. Dalam hal ini manajemen kelas sangat penting di kelola dengan baik agar proses pembelajaran dapat berjalan sesuai yang di harapkan. Seluruh guru pun dapat mengendalikan kelas dengan baik dan peserta didik mengikuti arahan yang sudah diberikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kelas merupakan keterampilan guru dalam menciptakan iklim iii pembelajaran yang kondusif dan mengendalikan suasana kelas jika terjadi gangguan dalam proses pembelajaran. Guru harus memiliki kemampuan menciptakan suasana kelas yang menarik dan mampu mengelola kelas dengan baik. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, maka guru akan memainkan tiga fungsi, yaitu fungsi intruksional, fungsi edukasional dan fungsi managerial. Manajemen kelas sangat menentukan keefektifan dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan peserta didik. Adapun beberapa kegiatan yang perlu dilaksanakan oleh guru dalam manajemen kelas sebagai aspek-aspek manajemen kelas, yaitu: 1) mengecek kehadiran peserta didik, 2) mengumpulkan, memeriksa, dan menilai hasil belajar peserta didik, 3) pendistribusian alat dan bahan.4) mengumpulkan informasi dari peserta didik. 5) mencatat data, 6) pemeliharaan arsip, 7) menyampaikan materi pembelajaran, dan 8) memberikan tugas atau pekerjaan rumah. Dalam hal ini penulis dapat mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh guru saat berada di dalam kelas, serta melihat keterampilan guru dalam menyampaikan sebuah materi pembelajaran. Sesuai dengan yang di bahas delapan aspek manajemen ini di analisis semua kegiatan yang dilakukan di dalam kelas serta hubungan antara guru dan peserta didik. Prestasi belajar juga merupakan salah satu faktor induvidu yang harus di raih peserta didik, dimana kecakapan, keahlian di mata pelajaran serta kemampuan dalam belajar semua di peroleh dari usaha peserta didik tersebut. Adapun faktor-faktor yang mempengaruh prestasi belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Upaya peningkatan prestasi belajar ini dilakukan dengan cara melakukan pembelajaran seefektif mungkin dan lebih memperhatikan peserta didik dalam belajar. Selain itu juga terdapat media pembelajaran sebagai penunjang kegiatan proses belajar mengajar saat di dalam kelas. Kata Kunci : Manajemen Kelas dan Prestasi Belajar iv ABSTRACT This study aims to determine classroom management in improving student achievement both inside and outside the classroom. The classroom is a room that is used as a place for the teaching and learning process to take place between teachers and students. The teacher plays an important role in the classroom, because the teacher has an important role in regulating all activities in the classroom so that the learning process runs in a conducive manner. Teachers must have the ability to manage students in understanding any given learning material. In addition, in the classroom the teacher carries out two main tasks, namely teaching activities and managing the class. In a classroom management a teacher has a very important contribution to the success of learning in schools. Class management aims to build student self-control through an effective and efficient process of improving student learning at MTs Masyariqul Anwar Bandar Lampung. The author conducted this research directly in the field to obtain information and collect data needed for this research. This study uses qualitative methods as research procedures that produce descriptive data in the form of observations, interviews and documentation of the research observed. This research was carried out at MTs Masyariqul Anwar Bandar Lampung, in this school is a location that was used by the author as a place of research. In class management there are class management objectives, class management functions, aspects of class management, principles of class management, implementation of class management, class management approaches and class management barriers. In this case, classroom management is very important to be managed properly so that the learning process can run as expected. All teachers can control the class well and students follow the directions that have been given. The results of this study indicate that classroom management is a teacher's skill in creating a conducive learning climate and controlling the classroom atmosphere if there is a disturbance in the learning process. Teachers must have the ability to create an attractive classroom atmosphere and be able to manage the v class well. In carrying out learning activities, the teacher will play three functions, namely the instructional function, the educational function and the managerial function. Class management greatly determines the effectiveness of learning activities carried out by teachers and students. There are several activities that need to be carried out by teachers in classroom management as aspects of classroom management, namely: 1) checking student attendance, 2) collect, examine, and assess student learning outcomes, 3) distributing tools and materials. 4) collecting information from students. educate. 5) record data, 6) archive maintenance, 7) delivering learning materials, and 8) give assignments or homework. In this case the author can find out the activities carried out by the teacher while in the classroom, and see the teacher's skills in delivering a learning material. In accordance with the eight aspects of management discussed in the analysis of all activities carried out in the classroom and the relationship between teachers and students. Learning achievement is also one of the individual factors that must be achieved by students, where skills, expertise in subjects and abilities in learning are all obtained from the students' efforts. The factors that influence learning achievement are internal factors and external factors. Efforts to improve learning achievement are carried out by conducting learning as effectively as possible and paying more attention to students in learning. In addition, there are learning media to support teaching and learning activities in the classroom. Keywords: Classroom Management and Learning Achievement

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:56
Last Modified: 18 Mar 2022 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18516

Actions (login required)

View Item View Item