PERAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT DALAM MEWUJUDKANKABUPATEN LAYAK ANAK PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Pada Lembaga Swadaya Masyarakat Lembaga Perlindungan AnakIndonesia Cabang Kabupaten Lampung Barat)

IHZA, MAHENDRAWAN (2022) PERAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT DALAM MEWUJUDKANKABUPATEN LAYAK ANAK PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Pada Lembaga Swadaya Masyarakat Lembaga Perlindungan AnakIndonesia Cabang Kabupaten Lampung Barat). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS 1 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI IHZA MAHENDRAWAN - Copy - Copy.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap diri pada anak melekat hak-hak yang harus terjamin dan terpenuhi. Orang tua, masyarakat, pemerintah dan lsm/ormas menjadi penting keberadaanya dalam meminimalisir tingkat pelanggaran ham kepada anak, pemenuhan hak kepada anak yang merupakan faktor penting dalam terciptanya daerah kabupaten/kota layak anak. Seluruh elemen lapisan masyarakat berkewajiban melakukan upaya-upaya dalam meminimalisir kekerasan kepada anak, intimidasi kepada anak serta upaya pemenuhan hak-hak kepada anak agar perlindungankepada anak dapat lebih dipastikan. Adapun yang menjadi pokok masalah dalam penelitian adalah: 1. Bagaimana peran lembaga swadaya masyarakat LPAI Cabang Kabupaten Lampung Barat dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Lampung Barat? 2. Bagaimana pandangan Fiqh Siyasah terhadap peran lembaga swadaya masyarakat LPAI Cabang Kabupaten Lampung Barat dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Lampung Barat? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran lembaga swadaya masyarakat LPAI dalam berpartisipasi mewujudkan kabupaten layak anak dalam pandangan Fiqh Siyasah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif analitis. Data primer dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dilengkapi oleh data sekunder, yakni dari buku-buku, jurnal, dan penelitian terdahulu. Populasi pada penelitian ini berjumlah 23 orang dan sample atau informan pada penelitian ini berjumlah 9 orang. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian bersifat deskriptif analisis dengan tujuan memberi gambaran mengenai situasi yang terjadi dengan menggunakan analisis kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1.Peran Lembaga Swadaya Masyarakat Lembaga Perlindungan Anak Indonesia Cabang Kabupaten Lampung Barat dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Lampung Barat sangat penting keberadaannya, atas seluruh program kerja yang telah terealisasi seperti bantuan pendampingan hukum, sosisalisasi tentang hak anak dan konsultasi hukum.2.Peran Lembaga Swadaya Masyarakat sudah sesuai dengan Fiqh Siyasah yakni menciptakan kemaslahatan untuk seluruh masyarakat. Dalam aspek Fiqh Siyasah Lembaga Swadaya Masyarakat dapat disamakan dengan konsep ummah yaitu organisasi yang diikat erat oleh aqidah Islam dan memiliki tujuan yang jelas untuk kemaslahatan ummat terutama LPAI dalam menjaga hak-hak anak di Kabupaten Lampung Barat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:42
Last Modified: 16 Mar 2022 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18503

Actions (login required)

View Item View Item