PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG

Rahmawati, Winda (2017) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_WINDA.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 Oleh WINDA RAHMAWATI Pemecahan masalah adalah suatu usaha mencari jalan keluar dari suatu kesulitan untuk mencapai suatu tujuan. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik tingkat SMP, khususnya peserta didik kelas VII SMP Negeri 9 Bandar Lampung terlihat dari kemampuan peserta didik dalam memahami masalah seperti informasi diketahui dan ditanyakan dalam suatu permasalahan masih kurang, serta model pembelajaran yang digunakan selama ini masih kurang tepat, sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kurang berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan Number Heads Together dan Konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Experimental Design (desain eksperimen semu) dengan rancangan penelitian faktorial 3x3. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII. Teknik pengambilan populasi yang digunakan adalah teknik acak kelas, dimana 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket kemandirian belajar dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa soal uraian. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis diperoleh Fa=2774.720 > Ftabel=3.087 sehingga H0A ditolak, Fb=9.579> Ftabel = 3.087 sehingga H0B ditolak, dan Fab= 0.038< Ftabel=2.463 sehingga H0AB diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) terdapat perbedaan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Number Heads Together (NHT) dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, 2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara kemandirian belajar peserta didik kelompok tinggi, sedang dan rendah, kelompok kemandirian belajar tinggi mempunyai kemampuan yang lebih baik jika dibanding dengan kelompok kemandirian belajar sedang dan rendah, 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci: Model pembelajaran Missouri Mathematics Project dan Number Heads Together, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 02 Mar 2017 02:54
Last Modified: 02 Mar 2017 02:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item View Item