KEHARMONISAN PERNIKAHAN JARAK JAUH DALAM PANDANGAN HUKUM ISLAM ( Studi Kasus di Desa Rejo Sari Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan)

Zakiyatul, Anin Mahmudah (2022) KEHARMONISAN PERNIKAHAN JARAK JAUH DALAM PANDANGAN HUKUM ISLAM ( Studi Kasus di Desa Rejo Sari Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ZAKIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pernikahan dalam literature fiqh berbahasa arab disebut dengan dua kata, yaitu nikah dan zawaj. Kedua kata ini yang terpakai dalam kehidupan sehari-hari orang arab dan banyak terdapat dalam Al-Quran dan Hadis Nabi. Tujuan perkawinan dalam Islam selain untuk memenuhi kebutuhan hidup jasmani dan rohani manusia, juga sekaligus untuk membentuk keluarga dan memelihara serta meneruskan keturunan dalam menjadikan hidupnya di dunia serta mencegah perzinaan agar tercipta ketenangan dan ketentraman jiwa bagi yang bersangkutan. Keluarga harmonis yaitu apabila seluruh anggota keluarga merasa bahagia dan ditandai dengan berkurangnya konflik dalam keluarga tersebut. Hubungan jarak jauh adalah dimana pasangan dipisahkan oleh jarak fisik yang tidak memungkinkan adanya kedekatan fisik untuk waktu tertentu. Masyarakat desa Rejo Sari ada beberapa pasangan yang memilih untuk menjalani hubungan jarak jauh dengan keluarganya karena faktor perbaikan ekonomi. Berdasarkan uraian di atas terdapat rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu bagaimana praktik pernikahan jarak jauh di Desa Rejo Sari Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik pernikahan jarak jauh itu sendiri dan untuk mengetahui pandangan Hukum Islam terhadap pernikahan jarak jauh. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang data-datanya diperoleh melalui wawancara terhadap beberapa informan. Sumber data: Primer dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap para informan. Sumber data sekunder dikumpulkan melalui dokumen�dokumen resmi, buku-buku ilmiah, hasil penelitian dan karya ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian dalam skripsi ini dapat ditarik kesimpulan bahwa beberapa masyarakat Desa Rejo Sari Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangannya baik antar kota maupun antar negara. Dampak dari hubungan jarak jauh itu sendiri yaitu komunikasi tidak lancar sehingga sering muncul selisih paham dengan pasangan, kurangnya kasih sayang kedua orang tua terhadap anaknya, namun ekonomi keluarga tercukupi. Islam memandang baik terhadap hal tersebut karena untuk kemaslahatan ekonomi keluarga serta tidak melanggar syariat Islam. Kata kunci: Hukum Islam, Jarak Jauh, Keharmonisan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Mar 2022 03:52
Last Modified: 16 Mar 2022 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18497

Actions (login required)

View Item View Item