PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LARNING (PjBl)BERBANTUAN FOTONOVELA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP KARTIKA II-2 BANDAR LAMPUNG

Sari, Nur Aini Rizki (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LARNING (PjBl)BERBANTUAN FOTONOVELA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP KARTIKA II-2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui nilai peserta didik disebabkan oleh proses pembelajaran didalam kelas masih bersifat teoritis dan berpusat pada guru (teacher centered). Media yang digunakan hanya sebatas papan tulis dan tidak adanya variasi pada media pembelajaran menjadi salah satu penghambat dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan fotonovela terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Inti dari model ini yaitu model pembelajaran yang menekankan aktivitas motorik peserta didik untuk memecahkan masalah yang dekat dengan kehidupan sehari-hari dengan menggunakan fotonovela/cerita bergambar sebagai media dan pada akhir pembelajaran menghasilkan karya nyata. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasy Experiment. Desain penelitian yaitu posttest-only control design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah teknik acak kelas, dari teknik tersebut didapatkan peserta didik kelas VIII 4 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh bahwa, setelah dianalisis dengan menggunakan uji-t didapat thitung>ttabel(0,05) yaitu dengan nilai 2,49722573>1,66691448. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pada model project based learning berbantuan fotonovela terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Kartika II-2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Project Based Learning, Fotonovela, dan Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 02 Nov 2017 03:34
Last Modified: 02 Nov 2017 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1849

Actions (login required)

View Item View Item