INA, ROHDIANA PUTRI (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NURUL HIDAYAH KABUPATEN WAYKANAN. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK IMPELEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS NURUL HIDAYAH KABUPATEN WAY KANAN Oleh : Ina Rohdiana Putri Beriringnya dengan perkembangan zaman pada saat ini, karakter sangat dibutuhkan bagi seorang peserta didik, terutama dalam karakter kepedulian sosial terhadapa lingkungan sekitar, oleh karanena itu perlu kita untuk mengetahui bahwa karakter apa sajakah yang harus dibangun oleh setiap pendidik di MTs Nurul Hidayah Way Kanan. Sesuai dengan observasi di lapangan peneliti mengidentifikasikan bahwa kesadaran peserta dididk terhadap peduli lingkungan dan peduli sosial masih tergolong kurang. Maka disinilah perlu pendidikan yang mampu mengantarkan seseorang untuk bersikap peduli terhadap sesam peserta didik maupun guru. Metode peelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan kualitatif deskriptif, untuk pengumpulan data nya menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara, sedangnkan dalam menganalisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan yang paling akhir dalam metodologi penelitian untuk menguji keabasahan datanya yaitu menggunakan uji Trianggulasi data. Berdasarkan hasil pembahsan dan riset yang dilakukan oleh peneliti terkait dengan implementasi pendidikan karakter peduli sosial dan peduli lingkungan melalui mata pelajaran akidah akhlak di mts nurul hidayat waykanan, maka didapatkan hasil kesimpulan yang menyatakan bahwa implementasi pendidikan karakter peduli sosial dan peduli lingkungan dilakukan melalui tiga tahapan yaitu dimulai dengan Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam setiap tahapannya memiliki tahapan tahapan yang perlu diperhatikan sebagaimana tahapan pertama yaitu melalui perencanaan. Perencanaan dilakukan melalui pengkajian pada silabus, mengidentifikasi materi pembelajaran, menentukan tujuan pembelajaran, menentukan metode dan strategi serta media pembelajaran. Pada tahap kedua yaitu pelaksanaan dilakukan tahapan manajemen kelas, orientasi pada masalah, mengamati permasalahan sekitar, menanyakan permasalahan, mencari informasi, serta membuat winning solution. Pada tahapan ketiga dilakukan dengan cara mengevaluasi pembelajaran yang dilkukan oleh pendidik terkait implementasi pendidikan karakter peduli sosial dan peduli lingkungan pada mata pelajaran akidah akhlak Kunci : Karakter, Sosial, Lingkungan dan Aqidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 06:01 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 06:01 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18489 |
Actions (login required)
View Item |