STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMP AL. SHADRINA MUARADUA

SITI, ANA ASMA USANIA (2022) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMP AL. SHADRINA MUARADUA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of REPOSITORY fiksss.pdf] PDF
Download (519kB)
[thumbnail of TESIS LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di SMP Al. Shadrina Muaradua Oleh Siti Ana Asma Usania 1886131014 Salah satu upaya untuk melancarkan pemasaran jasa pendidikan dan meningkatkan Nmeninjau pasar dan kebutuhan pelangggan jasa pendidikan. Pendidikan adalah pondasi suatu bangsa yang berbahan jasa pendidkkan sebagai peranan vital dalam meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia. Strategi pemasaran merupakan rencana suatu organisasi yang dibuat untuk melakukan pemasaran dengan memperkenalkan organisasinya kepada publik. Jasa pendidikan merupakan produk yang dihasilkan untuk memenuhi pelanggan pendidikan (siswa) dapat diidentifikasi dan dirasakan namun tidak berwujud. Dalam melakukan strategi pemasaran maka dibutuhkan adanya bauran pemasaran dan langkah-langkah promosi yang sangat berguna sebagai salah satu aktivitas untuk mengetahui apakah SMP Al. Shadrina Muaradua sudah melakukan strategi bauran pemasaran dan langkah-langkah promosi dengan baik. Penelitian menggunakan metode deskriptip kualitatif dalam teknik penelitian dan wawancara. Berdasarkan data yang diperoleh berupa pemaparan dari ketujuh bauran pemasaran dan langkah-langkah dari kegiatan promosi, hasil data dari perolehan siswa selama tiga tahun mengalami peningkatan serta kegiatan pemasaran apa saja yang dilakukan untuk menarik masyarakat agar dapat bersekolah di SMP Al. Shadrina Muaradua. Dari hasil kegiatan pemasaran disimpulkan bahwa kegiatan pemasaran yang paling efektif adalah periklanan, kerja sama antara humas dan seluruh warga sekolahan (seperti kegiatan market day dan kegiatan sekolah lainnya), personal seling dan juga penggunaan media dan alat promosi yang baik dan tepat. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu strategi pemasaran jasa pendidikan di SMP Al. Shadrina Muaradua sudah dilaksanakan dengan baik tetapi akan lebih baiknya jika dalam melakukan kegiatan promosi harus terdokumen dengan rapih. Kata Kunci : Pemasaran Jasa, Bauran Pemasaran dan langkah-langkah promosi. ABSTRACT Marketing Strategy for Education Services at SMP Al. Shadrina Muaradua By SITI ANA ASMA USANIA 1886131014 One of the efforts to launch the marketing of educational services and increase customer loyalty is that schools are able to plan the right strategy to review the market and the needs of customers for educational services. Education is the foundation of a nation that is made from education services as a vital role in improving and developing human resources. Marketing strategy is a plan of an organization made to do marketing by introducing the organization to the public. Educational services are products that are produced to meet educational customers (students) that can be identified and felt but are not tangible. In carrying out a marketing strategy, it is necessary to have a marketing mix and promotional steps that are very useful as one of the activities to find out whether SMP Al. Shadrina Muaradua has carried out a good marketing mix strategy and promotional steps. The research used qualitative descriptive methods in research and interview techniques. Based on the data obtained in the form of exposure of the seven marketing mixes and the steps of promotional activities, the results of data from student acquisition for three years have increased and what marketing activities are carried out to attract people to attend SMP Al. Shadrina Muaradua. From the results of marketing activities, it can be concluded that the most effective marketing activities are advertising, collaboration between public relations and all of the school members (such as market day activities and other school activities), personal altering and also the use of good and appropriate media and promotional tools. The conclusion that can be drawn is the marketing strategy of educational services at SMP Al. Shadrina Muaradua has been implemented well but it would be better if the promotional activities must be neatly documented. Keywords: Service Marketing, Marketing Mix and promotion steps.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Mar 2022 07:17
Last Modified: 14 Mar 2022 07:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18473

Actions (login required)

View Item View Item