IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL MELALUI PENANAMAN SIKAP PLURALIS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Study di SMAN 3 Bandarlampung

RIRIN, AMELIA PUTRI (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL MELALUI PENANAMAN SIKAP PLURALIS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Study di SMAN 3 Bandarlampung. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIRIN AMELIA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Manusia sebagai makhluk sosial senantiasa hidup ditengah keberagaman. Pendidikan berwawasan Multikultural dalam konteks pendidikan agama Islam , konsep multikultural sebaiknya menjadi tonggak penegak utama dalam perealisasian proses belajar mengajar. Disadari atau tidak kelompok-kelompok yang berbeda secara kultural dan agama kerap menjadi korban rasis. Maka dari itu diperlukan penanaman sikap pluralis demi menumpas dan meminimalisir angka kejahatan tersebut. Pendidikan agama Islam berkaitan dengan 2 proses pendidikan yakni pendidikan formal dan non formal. Di masa pandemi seperti saat ini tidak menyurut semangat dalam meneliti Pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural melalui penanaman sikap pluralis. Implementasi pembelajaran Pendidikan agama Islam berwawasan multikultural melalui penanaman sikap pluralis ini di muat dalam pendekatan deskriptif d adapun pembahasan nya di teliti melalui metode pembahasan desktiptif-analitis. Diperlukan observasi dan wawancara secara mendalam dikarenakan jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang SMAN 3 Bandarlampung yang dinilai sangat cukup majemuk dan heterogen. Adapun subjek dari penelitian ini diantara nya Kepala SMAN 3 Bandarlampung beserta beberapa staff, Guru PAI , dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan Multikultural yakni dengan menanamkan nilai- nilai dan sikap pluralis. Oleh karena itu tidak mungkin tercipta suatu keharmonisan berkehidupan jika kita tidak mengindahkan nilai dan wawasan multikultural serta sikap pluralis yang optimal. Selain itu dibutuhkan juga adaptasi dengan situasi pembelajaran pada masa pandemi seperti saat ini yang menyebabkan pembelajaran di lakukan secara online. Strategi pembelajaran yang lebih variatif menuntut pendidik untuk lebih inovatif dalam mengajar. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran PAI , Wawasan Multikultural , Sikap Pluralis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Mar 2022 06:46
Last Modified: 14 Mar 2022 06:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18472

Actions (login required)

View Item View Item