PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS III DI SD/MI

Amelia, Rabila (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS III DI SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (29MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)

Abstract

ABSTRAK Penlitian ini berawal dari kurangnya variasi media pembelajaran dalam kegiatan belajar-mengajar sehingga perlu dikembangkan sebuah produk berupa buku cerita bergambar sebagai media pembelajaran. Rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana kelayakan buku cerita bergambar untuk menumbuhkan minat baca peserta didik kelas III SD/MI pada tema kewajiban dan hakku. (2) Bagaimana respon dari pendidik dan peserta didik kelas III terhadap bukucerita bergambar untuk menumbuhkan minat baca peserta didik kelas III SD/MI pada tema kewajiban dan hakku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dari produk buku cerita bergambar untuk menumbuhkan minat baca kelas III pada tema 4 kewajiban dan hakku, untuk mengetahui kelayakan dari produk buku cerita bergambar untuk menumbuhkan minat baca kelas III pada tema 4 kewajiban dan hakku, untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap buku cerita bergambar menumbuhkan minat membaca kelas III pada tema 4 kewajiban dan hakku. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model ADDIE yang meliputi 5 langkah yaitu analysis, design, development, implementasi, evaluasi. Uji kelayakan produk dilakukan oleh beberapa validator yaitu 2 ahli materi, 2 ahli media, 3 pendidik kelas III dan uji coba lapangan pada peserta didik kelas III SD/MI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita bergambar memperoleh nilai rata-rata persentase ahli materi sebesar 81% dengan kategori “Sangat layak”, ahli media memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 77,75% dengan kategori “Layak”, penilaian pendidik memperoleh rata-rata persentase 90% dengan kategori “Sangat Layak” dan respon peserta didik uji coba skala kecil mendapatkan persentase keseluruhan sebesar 91% dengan kategori “Sangat layak”, uji coba skala besar mendapatkan persentase keseluruhan sebesar 85% dengan kategori “Sangat Layak”. Hal ini menunjukkan bahwa buku cerita bergambar yang telah peneliti kembangkan “Sangat Layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : Buku Cerita Bergambar, Minat Membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:40
Last Modified: 11 Mar 2022 06:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18455

Actions (login required)

View Item View Item