PENGARUH STRATEGI GENIUS LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII Di MTs AL-KHAIRIYAH TAMANSARI KABUPATEN TANGGAMUS

PARYANI, JAKIO (2022) PENGARUH STRATEGI GENIUS LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII Di MTs AL-KHAIRIYAH TAMANSARI KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI PARYANI 1711010120 fix.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan strategi pembelajaran Genius Learning di MTs Al-Khairiyah Tamansari Kabupaten Tanggamus, yang mana setiap guru harus memberikan pembelajaran terbaik dengan berbagai strategi pembelajaran agar murid mampu memahami disetiap pembelajaran yang dilakukan didalam kegiatan belajar mengajar. Beberapa hal telah di upaya kan strategi pembelajaran dengan baik, tetapi dalam penentuan strategi pembelajaran, yang dilakukan guru belum terstruktur dalam pembelajaran, guru masih sering menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab, kemudian ditemukan pula bahwa pada saat proses pembelajaran masih kurang menyenangkan sehingga strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak selalu sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dengan tidak sesuai nya strategi yang digunakan oleh guru, sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik hingga kurang maksimal. Sebagai upaya strategi pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dengan konsep pembelajaran yang baik adalah salah satunya dengan menerapkan strategi Genius Learning yang terancang secara terstruktur. Strategi Genius Learning ini adalah salah satu strategi yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik secara perorangan maupun kelompok. Guru menepatkan peserta didik sebagai pusat dari proses pembelajaran, tidak hanya guru saja yang aktif dalam menyampaikan materi pembelajaran peserta didik pun ikut aktif serta berperan dalam proses pembelajaran. Dalam Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dari strategi pembelajaran Genius Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di MTs Al-Khairiyah Tamansari Kabupaten Tanggamus. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Al-Khairiyah Tamansari Kabupaten Tanggamus. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik, kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu tes dan observasi. Berdasarkan analisis data dan perhitungan uji-t, besar nya nilai t pada analisis uji independent sample t test didapatkan nilai Sig. 0,003 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Strategi Genius Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII Di MTs Al�Khairiyah Tamansari Kabupaten Tanggamus. Kata Kunci: Strategi Genius Learning dan Hasil Belajar Akidah Akhlak. iv ABSTRAC This research is entitled The Effect of Genius Learning Strategy on Students' Learning Outcomes in Class VII Akhlak Akidah Subjects at MTs Al-Khairiyah Tamansari, Tanggamus Regency. Several things have been tried out with good learning strategies, but in determining learning strategies, what the teacher does is not structured in learning, so the learning strategies used by teachers are not always in accordance with the needs of students. With the inappropriate strategy used by the teacher, it affects the learning outcomes of students to less than the maximum. As an effort to learn strategies that are expected to improve learning outcomes with good learning concepts, one of them is by implementing a structured Genius Learning strategy. This Genius Learning Strategy is one of the strategies that can improve the understanding of students individually and in groups. Teachers place students as the center of the learning process, not only teachers who are active in delivering learning materials, students also actively participate in the learning process. In this study, the purpose of this study was to determine whether there was an influence of the Genius Learning learning strategy on the learning outcomes of students in the VII Akhlak Akidah Subject at MTs Al-Khairiyah Tamansari, Tanggamus Regency. The research used in this research is quantitative research. The type of research used is experimental. The population in this study is all students of class VII MTs Tal-Khairiyah Tamansari, Tanggamus Regency. The samples of this study were students of class VII A as the experimental class and students of class VII C as the control class. The data collection tools used in this research are tests and documentation. Based on data analysis and t-test calculations, the Sig. 0.003 then if the value of Sig. <0.05 then H0 is rejected and Ha is accepted. It can be concluded that there is an influence of the Genius Learning Strategy on the learning outcomes of students in the seventh grade Akidah Akhlak subject at MTs Al-Khairiyah Tamansari, Tanggamus Regency. Keywords: Genius Learning Strategies and Learning Outcomes of Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:21
Last Modified: 11 Mar 2022 06:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18452

Actions (login required)

View Item View Item