PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SYARIAH ANTARA SHARIACONFORMITY AND PROFITABILITY (SCnP) DAN SHARIA MAQASHIDINDEX (SMI) PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2014-2019

ARUM, SETIA CAHYANTI (2022) PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SYARIAH ANTARA SHARIACONFORMITY AND PROFITABILITY (SCnP) DAN SHARIA MAQASHIDINDEX (SMI) PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2014-2019. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARUM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perbandingan Kinerja Keuangan Syariah Antara Sharia Conformity and Profitability (SCNP) Dan Sharia Maqashid Index (SMI) Pada Bank UmumSyariah Di Indonesia Periode 2014-2019 Kinerja perbankan syariah dapat diukur dari berbagai aspek penelitian ini mengukur kinerja bank umum syariah di Indonesia berdasarkan aspek syariah yang terdiri dari kinerja keuangan syariah dan kinerja maqashid syariah.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kinerja perbankan syariah khususnya bank umum syariah di Indonesia selama enam tahun periode 2014 sampai 2019 yang diukur dari aspek keuangan syariah dengan menggunakan Sharia conformity and Profitability (SCnP) dan Sharia Maqashid Index (SMI). Objek penelitian yang digunakan adalah 5 Bank Umum Syariah di Indonesia yang terdiri dari: Bank Muamalat Indonesia (BMI), Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS), Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Mega Syariah (BMS), dan Bank Syariah Bukopin (BSB). Hasil dari penelitian ini menunjukkan perbandingan antara kinerja keuangan syariah dan kinerja maqashid syariah, dimana Berdasarkan diagram kartesius dan pemeringkatan memperlihatkan hasil perbandingan SCnP dan SMI selama periode 2014-2019 BankUmum Syariah di Indonesia berada pada tiga kuadran yaitu URQ, ULQ dan LRQ bank umum syariah yang berada pada kuadran URQ atau Upper RightQuadrantyaitu Bank Muamalat Indonesia (BMI). Kuadran LRQ atau Lower Right Quadrantyaitu Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS) dan Bank Bukopin Syariah (BSB).Kuadran ULQ atau Upper Left Quadrant yaitu Bank Syariah Mandiri (BSM) danBank Mega Syariah (BMS) dan masingmasing untuk perhitungan SMI. Secarakeseluruhan dapat disimpulkan bahwa bank umum syariah yang memiliki peringkatSMI tinggi berada pada posisi URQ dan berada pada peringkat tengah berada padaposisi LRQ dan bank umum syariah dengan peringkat terendah berada pada ULQ. Kata kunci: Bank Umum Syariah, Sharia Conformity and Profitability (SCnP), Sharia Maqashid Index (SMI)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Mar 2022 04:29
Last Modified: 11 Mar 2022 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18450

Actions (login required)

View Item View Item