PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA GURU TERHADAP KETERCAPAIAN KOMPETENSI BAHASA ARAB SANTRI DI PMDG ( PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR ) KAMPUS 7 KALIANDA LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2020 – 2021

ABDULLAH, UMAR SIDDIQ (2022) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA GURU TERHADAP KETERCAPAIAN KOMPETENSI BAHASA ARAB SANTRI DI PMDG ( PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR ) KAMPUS 7 KALIANDA LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2020 – 2021. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of THESIS_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of THESIS_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA GURU TERHADAP KETERCAPAIAN KOMPETENSI BAHASA ARAB SANTRI DI PMDG (PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR) KAMPUS 7 KALIANDA LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2020 – 2021 Oleh ABDULLAH UMAR SIDDIQ Budaya organisasi di Sekolah Dasar Berbasis Agama Islam merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan proses belajar siswa. Budaya organisasi Islam dilaksanakan agar lingkungan sekolah dapat menjadi wadah yang kondusif untuk mengembangkan karakter optimisme, hukuman, pencerahan jiwa, membekali keterampilan dan sikap yang dibutuhkan untuk menjadikan siswa yang jujur, santun, kreatif, mandiri, mandiri dan bermanfaat bagi orang lain. Kinerja Seorang guru merupakan hal yang sangat erat dalam melakukan perannya untuk mendidik dan mengajari peserta didik maupun di sekolah formal maupun non formal dan bahkan di Pondok Pesantren pun juga seorang guru harus memiliki Profesionalitas yang tinggi untuk mengajar di Pondok. Dalam pembelajaran bahasa arab dikenal empat keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh siswa yaitu keterampilan mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Oleh karena itu, sebagai tenaga pengajar bahasa arab, seorang guru harus memiliki maharah (keterampilan) serta kafa’ah (kompetensi) dibidang bahasa arab.Data laporan hasil kegiatan data hasil Bagian Penggerak bahasa Pondok Pesantren (LAC) dan PanitiaUjian KMI tahun ajaran 2020-2021: : (1) 45% Nilai Kompetensi Bahasa Arab masih kurang dari nilai rata rata standart, (2) 50% Belum menerapkan bahasa arab dan bahasa inggris sebagai bahasa sehari hari, (3) 55% Belum memperbaiki kinerja dalam menguasai program belajar mengajar bahasa arab (4) 40% Belum mahir atau mampu menulis bahasa arab dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk:(a).Mengetahui pengaruh Budaya Organisasi di Pondok Modern Darussalam Gontor dapat mempengaruhi nilai kompetensi bahasa arab di PMDG Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan.(b)Mengetahui pengaruh Kerja Guru dalam mengajar di Pondok Modern Darsussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan.(3) Mengetahui besar pengaruh Budaya Organisasi dan kinerja guru terhadap nilai Kompetensi bahasa Arab santri Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalinda Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 161 peserta didik dan sample penelitian sebanyak 114 peserta didik. Penelitian ini menggunakan angket kuesioner sebagai alat pengumpulan data dan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Pengaruh Variabel X1 Budaya Organisasi memeliki pengaruh sebesar (0,794) 79% terhadap Variabel Y Kompetensi Bahasa Arab, Pengaruh Variabel X2 Kinerja Guru memeliki pengaruh sebesar (0,781) 78% terhadap Variabel Y Kompetensi Bahasa Arab, maka Pengaruh Budaya Organisasi dan Kinerja Guru memiliki pengaruh sebesar (0,843) 84% Terhadap Kompetensi Bahasa Arab . Kata Kunci : Budaya Organisasi, Kinerja guru , Kompetensi Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Mar 2022 03:47
Last Modified: 11 Mar 2022 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18447

Actions (login required)

View Item View Item