KONSEP TA’DIB MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER

AZIZAH, PULUNGAN (2022) KONSEP TA’DIB MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi_Azizah Pulungan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat suatu konsep yaitu konsep Ta‟dib yang ditawarkan oleh Syed Muhammad Naquib Al�Attas dalam rangka untuk memperbaiki kerusakan adab yang terjadi dimasyarakat. Konsep Ta‟dib yang digagas oleh Syed Muhammad Naquib Al-Attas menurut beliau yang paling tepat sebagai suatu makna dalam pendidikan Islam, Serta penelitian ini juga ingin mengetahui relevansi konsep Ta‟dib dengan Pendidikan Karakter, yang dimana pendidikan karakter juga bertujuan untuk membangun manusia yang berakhlak mulia. Penelitian ini termasuk penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan Library research yaitu pengumpulan data menggunakan berbagai sumber seperti buku-buku, internet, jurnal dan lain sebagainya. Data primer didapatkan dari buku-buku yang membahas tentang pendidikan Islam, pendidikan karakter serta Ta‟dib karya Syed Muhammad Naquib Al-Attas yang diterjemahkan oleh beberapa penerbit dan juga buku yang membahas tentang pemikiran Syed M. Naquib Al-Attas mengenai Ta‟dib serta data sekunder yang yang akan melengkapi dari data primer, dimana sumber data menggunakan jurnal penelitian, artikel, buku, surat kabar dan majalah, internet, dan lain-lain, guna memperkaya dan melengkapi sumber data primer. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya 1) Konsep Ta‟dib menurut Syed M. Naquib Al-Attas merupakan konsep pendidikan Islam yang komprehensif, karena aspek-aspek ilmu dan proses pencapaiannya harus dicapai dengan pendekatan Spiritual atau pendekatan Tauhid dan objek-objeknya diteropong dengan pandangan hidup Islami. 2) Konsep Ta‟dib menurut Syed M. Naquib Al-Attas terhadap pendidikan karakter menunjukkan adanya relevansi antara konsep ta‟dib dengan pendidikan karakter. Dalam hal ini Konsep Ta‟dib relevan dengan konsep pendidikan karakter yang keduanya bersama-sama dalam maksud meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan yang mengarah pada pembentukkan moral serta upaya dalam membentuk peserta didik agar memiliki akhlakul karimah. Kata Kunci: Ta’dib, Adab, Pendidikan Islam, Pendidikan Karakter ii ABSTRACT This study aims to see a concept, namely the Ta'dib concept offered by Syed Muhammad Naquib Al-Attas in order to repair the damage that occurs in society. The concept of Ta'dib which was initiated by Syed Muhammad Naquib Al-Attas according to him is the most appropriate as a meaning in Islamic education, he argues that Ta'dib already includes Tarbiyah and Ta'lim. As well as this research also wants to know the relevance of the concept of Ta'dib to Character Education, where character education also aims to develop human beings with noble character. This research is a qualitative descriptive research with a library research approach, namely data collection using various sources such as books, internet, journals and so on. Primary data is obtained from books that discuss Islamic education and Ta'dib by Syed Muhammad Naquib Al-Attas which is translated by several publishers and also books that discuss the thoughts of Syed M. Naquib Al-Attas regarding Ta'dib and secondary data which will complement the primary data, where the data source uses research journals, articles, books, newspapers and magazines, the internet, and others which are of course related to the problem, in order to enrich and complement primary data sources. The results of this study indicate that 1)The concept of Ta'dib according to Syed M. Naquib Al-Attas is a comprehensive concept of Islamic education, because the aspects of science and the process of achieving it must be achieved with a Spiritual approach or the Tawhid approach and its objects are viewed with an Islamic view of life.. 2) The concept of Ta'dib according to Syed M. Naquib Al-Attas on character education shows the relevance of the concept of ta'dib with character education. In this case, the concept of Ta'dib is relevant to the concept of character education, both of which work together in order to improve the quality of educational processes and outcomes that lead to moral formation and efforts to shape students to have good morals. Keywords: Ta'dib, Adab, Islamic Education, Character Education

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Mar 2022 03:26
Last Modified: 11 Mar 2022 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18441

Actions (login required)

View Item View Item