PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS) HEURISTIK BERBANTU METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK

EKA, NURJANAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS) HEURISTIK BERBANTU METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI EKA NURJANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kritis matematis merupakan suatu hal yang sangat diperlukan peserta didik. Berdasarkan prapenelitian yang dilakukan penulis Kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kritis matematis peserta didik di SMP Negeri 3 Lambu Kibang masih rendah hal ini terlihat dari sedikit peserta didik yang mendapat nilai diatas KKM saat dilakukan pre-test. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan Kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kritis matematis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Logan Avanue Problem Solving (LAPS) Heuristik berbantu Metode Brainstorming terhadap kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kritis matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Lambu Kibang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kritis matematis adalah soal uraian atau essay. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah MANOVA. Pengujian hipotesis menggunakan MANOVA, dengan derajat angka signifikasi yang dipakai adalah 0,05 diperoleh nilai p–Value yaitu sebesar 0,000. Hal itu menunjukkan bahwa p–Value < sehingga , , dan diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) Heuristik berbantu metode brainstorming terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi himpunan. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) Heuristik berbantu metode brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada materi himpunan. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) Heuristik berbantu metode brainstorming terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kritis matematis pada materi himpunan. Kata Kunci : Logan Avenue Problem Solving (LAPS) Heuristik, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Mar 2022 02:57
Last Modified: 11 Mar 2022 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18434

Actions (login required)

View Item View Item