PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PELAJARAN BIOLOGI BERBANTUKAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 34 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020-2021

CINDY, RATU JUWITA (2022) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PELAJARAN BIOLOGI BERBANTUKAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 34 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020-2021. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of CVR BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI CINDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Proses berpikir peserta didik untuk memperoleh pengetahuan berlangsung sepanjang hayat. Sehingga apabila dalam pembelajaran di kelas, pengetahuan peserta didik masih tergolong rendah, guru seharusnya melakukan tindakan untuk meningkatan pengetahuan peserta didik. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang aktif dan inovatif seperti pendekatan Contektual Teaching Learning (CTL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan CTL pada mata pelajaran biologi berbantukan media youtube terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII SMPN 34 Bandar Lampung. Metode penelitian eksperimen dengan postest only control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII dengan sampel penelitian yaitu 35 peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 34 peserta didik kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes multiple choice dengan indikator C1-C4. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 80,34>74,71. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan p-value 0,01<0,05. Artinya terdapat pengaruh pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) pada mata pelajaran biologi berbantukan media youtube terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII SMP N 34 Bandar Lampung. Kata Kunci: Contextual Teaching Learning, Hasil Belajar, Youtube

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 07:38
Last Modified: 10 Mar 2022 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18425

Actions (login required)

View Item View Item