PENERAPAN LITERASI BUDAYA DALAM GERAK TARI BEDANA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN

DESI, NAZAURTAMI (2022) PENERAPAN LITERASI BUDAYA DALAM GERAK TARI BEDANA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI Desi nazaurtami.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pada saat ini perkembangan anak usia dini sangat penting untuk di perhatikan, anak usia dini merupakan anak yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang pesat oleh sebab itu pendidik perlu menstimulus kecerdasan pada anak. Salah satu yang perlu yang diperhatikan kepada anak yaitu kecerdasan kinestetik anak. Mengingat sangat penting nya kecerdasan kinestetik anak sejak dini perlu nya suatu metode yang harus di laksanakan oleh pendidik agar kecerdasan kinestetik anak meningkat secara optimal. Untuk itu peneliti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak dengan tari bedana. Dengan kegiatan menari bedana dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak dan juga memperkenalkan literasi kebudayaan tradisional Indonesia. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti menyimpulkan rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penerapan literasi budaya dalam gerak tari bedana dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi budaya dalam gerak tari bedana dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung. salah satu metode yang dapat diterapkan dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak yaitu dengan kegiatan menari bedana. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan selama 2 siklus dengan subyek penelitian anak-anak TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung sebanyak 28 orang anak, dengan jumlah 12 anak perempuan dan 16 anak laki-laki. penelitian ini pengunpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kecerdasan kinestetik anak di TK Asyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung dengan kegiatan menari bedana, hasil ini dapat dilihat dari persentase rata-rata keberhasilan menunjukan 57% pada siklus I dengan kategori mulai berkembang dan pada siklus II hasil persentase menunjukan 78% dengan kategori berkembang sesuai harapan. berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan adanya peningkatan kecerdasan kinestetik di kelas B2 TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung dengan kegiatan gerak tari bedana. Kata Kunci : Literasi Budaya, Gerak Tari Bedana, Kecerdasan Kinestetik ii ABSTRACT At this time of early childhood development is very important to note, early childhood is a child who is experiencing a rapid process of growth and development therefore educators need to stimulate intelligence in children.One of the things that needs to be considered to the child is the kinesthetic intelligence of the child.Given the importance of kinesthetic intelligence early on, it is necessary for a method that must be implemented by educators in order for the child's kinesthetic intelligence to improve optimally. Therefore, researchers do an activity that can improve the kinesthetic intelligence of children with bedana dance.With the activities of dance bedana can improve the kinesthetic intelligence of children and also introduce traditional Indonesian cultural literacy.Based on these problems, the researchers concluded the formulation of the problem in this study whether the application of cultural literacy in the dance movement bedana can improve kinesthetic intelligence of children aged 5-6 years in TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung. This study aims to find out the cultural literacy in dance movements bedana can improve kinesthetic intelligence of children aged 5-6 years at TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung.one of the methods that can be applied in improving the kinesthetic intelligence of children is by dancing activities bedana.This study is Class Action Research, conducted during 2 cycles with the research subjects of children TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung as many as 28 children, with the number of 12 girls and 16 boys.This research collects data used i.e. observations, interviews and documentation. The results of this study showed an increase in kinesthetic intelligence of children in TK Asyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung with dance activities, this result can be seen from the average percentage of success showed 57% in cycle I with the category starting to develop and in cycle II the percentage results showed 78% with the category developing as expected. Based on the results of the study, it can be concluded that there is an increase in kinesthetic intelligence in class B2 TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung with dance activities bedana. Keywords: Cultural Literacy, Bedana Dance Movement, Kinesthetic Intelligence

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 07:10
Last Modified: 10 Mar 2022 07:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18411

Actions (login required)

View Item View Item