PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA UMAR BIN KHATTAB DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

GESHA, BERLIANTO (2022) PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA UMAR BIN KHATTAB DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAKkk.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji dan mendalami tentang pelaksanaan pendidikan Islam pada masa Umar bin Khattab dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer. Pada penelitian ini, penulis tertarik mengangkat tentang pendidikan pada masa Umar bin Khattab, karena khalifah Umar termasuk salah satu yang membuat pendidikan Islam bisa maju dan berkembang dan meluas ke negara-negara lain. Pada masa pemerintahan Umar yang relatif cenderung lama, yakni 10 tahun, membuat meluasnya wilayah Islam sampai keluar Jazirah Arab. Yang artinya semakin luas pula penyebaran Islam kala itu, melihat kondisi demikian Khalifah Umar mementingkan pula terkait masalah pendidikan Islam. Hal ini terlihat ketika Umar memerintahkan panglima-panglima apabila mereka berhasil menguasai suatu kota, mereka diperintahkan untuk mendirikan Masjid untuk tempat beribadah dan pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian literer yang menggunakan metode analisis dengan menggunakan pendekatan sejarah sosial dan menggunakan buku, artikel, maupun jurnal yang berkaitan dengan khalifah Umar bin Khattab. Adapun teknik pengumpulan data dalam penulisan skripsi ini dengan metode membaca, memahami, mengklarifikasi, dan menyimpulkan isi dari jurnal, buku, artikel dan novel yang berkaitan dengan relevansi pendidikan Islam pada masa Umar bin Khattab dengan pendidikan Islam kontemporer. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat relevansi antara pendidikan Islam pada masa Umar bin Khattab dengan pendidikan Islam kontemporer. Terlihat dari beberapa komponen yang masih relevan, yaitu pendidik, lembaga pendidikan, dan metode pendidikan. Dari segi pendidik, pada masa Umar bin Khattab perekrutan guru sudah ada kualifikasi sesuai bidan keilmuan dari pendidik tersebut, begitupun di zaman sekarang. Sedangkan metode pendidikan yang ada pada masa Umar bin Khattab adalah halaqah, talaqi, dan ceramah. Ketiga metode tersebut masih relevan dengan metode pendidikan di zaman sekarang. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat relevansi antara pendidikan Islam saat sekarang dengan pendidikan Islam masa Umar bin Khattab. Hanya saja pendidikan saat sekarang lebih canggih dengan difasilitasi dengan kecanggihan teknologi. Kata Kunci : Pendidikan Islam, Umar bin Khattab, Relevansi ii ABSTRACT This study examines and explores the implementation of Islamic education during the time of Umar bin Khattab and its relevance to contemporary Islamic education. In this study, the authors are interested in discussing education during the time of Umar bin Khattab because the caliph Umar was one of those who made Islamic education progress and develop and spread to other countries. During the reign of Umar, which tended to be relatively long, i.e., 10 years, it made the Islamic territory expand to the outside of the Arabian Peninsula. Which means the wider the spread of Islam at that time, seeing such conditions, Caliph Umar also emphasized the issue of Islamic education. This can be seen when Umar ordered the commanders if they succeeded in controlling a city, they were ordered to build a mosque for a place of worship and education. This type of research is literary research that uses analytical methods using a social history approach and uses books, articles, and journals related to the caliph Umar bin Khattab. The data collection techniques in writing this thesis are reading, understanding, clarifying, and concluding the contents of journals, books, articles and novels related to the relevance of Islamic education during Umar bin Khattab time with contemporary Islamic education. The results of this study indicate that there is a relevance between Islamic education at the time of Umar bin Khattab and contemporary Islamic education. It can be seen from several components that are still relevant, namely educators, educational institutions, and educational methods. In terms of educators, at the time of Umar bin Khattab, teacher recruitment had qualifications according to the scientific midwife of the educator, as well as today. While the educational methods that existed at the time of Umar bin Khattab were halaqah, talaqi, and lectures. These three methods are still relevant to today's educational methods. This shows that there is relevance between current Islamic education and the Islamic education of Umar bin Khattab. It's just that today's education is more sophisticated, facilitated by technological sophistication. Keywords: Islamic Education, Umar bin Khattab, Relevance

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:59
Last Modified: 10 Mar 2022 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18405

Actions (login required)

View Item View Item