KONTRIBUSI PONDOK PESANTREN DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN MASYARAKAT DESA HATTA (Studi di Pondok Pesantren Miftahul Huda Desa Hatta Kab. Lampung Selatan)

SITI, ROHMAH (2022) KONTRIBUSI PONDOK PESANTREN DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN MASYARAKAT DESA HATTA (Studi di Pondok Pesantren Miftahul Huda Desa Hatta Kab. Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Siti Rohmah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini meneliti secara mendalam tentang Pondok Pesantren dan kontribusinya dalam membina moralitas keagamaan masyarakat pedesaan (studi di Pondok Pesantren Miftahul Huda Hatta Lampung Selatan). Dimana peneliti ingin mengetahui apa kontribusi yang dilakukan pondok pesantren dalam membina moralitas keagamaan di masyarakat pedesaan. Maka dalam penelitian ini pertanyaan yang harus dijawab oleh peneliti adalah bagaimana kontribusi pondok pesantren dalam membina moralitas keagamaan masyarakat di Desa Hatta Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang Pondok Pesantren Miftahul Huda Hatta Lampung selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penyimpulan data. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kegiatan Pondok Pesantren Miftahul Huda dalam meningkatkan moralitas skeagamaan masyarakat sekitar dilakukan melalui pendekatan kultural dan pendidikan non formal yang berjalan dengan baik. (2) Faktor penghambat dan pendorong dalam melaksanakan kontribusi pondok pesantren dalam membina moralitas keagamaan di masyarakat pedesaan. Kata Kunci: Pesantren, Membina, Moralitas, keagamaan Kata Kunci: Pesantren, Membina, Moralitas, keagamaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:59
Last Modified: 10 Mar 2022 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18404

Actions (login required)

View Item View Item