REPUTASI DAN KINEJA PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (ICSR) (Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Pada Otoritas Jasa Keuangan Periode 2016-2019

Nomo, Redi Iswanto (2022) REPUTASI DAN KINEJA PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (ICSR) (Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Pada Otoritas Jasa Keuangan Periode 2016-2019. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Islam mengakui bahwa pemilik perusahaan atau penyandang dana memiliki hak untuk mendapatkan keuntungan, tetapi tidak dengan mengorbankan klaim berbagai pemangku kepentingan lainnya. Berbeda dengan teori-teori barat, pandangan islam tentang CSR mengambil pendekatan yang agak holistik, yaitu menawarkan pemandangan spiritual integralistik berdasarkan ajaran qur’an dan sunnah, serta menyediakan kerangka filosofis alternatif yang lebih baik untuk interaksi manusia dengan alam dan sesamanya. Meskipun banyak perusahaan yang memiliki reputasi dan kinerja yang baik, tidak semua perusahaan memiliki kesadaran akan tanggung jawab sosialnya. Meskipun secara yuridis Pemerintah telah membuat regulasi terkait CSR, namun dalam implementasinya hingga sekarang masih terdapatbanyak CSR yang tidak tepat sasaran atau tidak optimal dalam memberikan bantuan bagi pemberdayaan masyarakat. Beberapa konflik sosial perusahaan terkait CSR yang pernah terjadi di Indonesia: PT Freeport di Jaya Pura; PT Inti Indorayon di Porsea Sumatera Utara; PT Samsung di Pasuruan; PT Exon Mobil di Lhokseumawe Aceh; PT Newmont di Sulawesi Utara. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah reputasi perusahaan dan kinerja perusahaan bank umum syariah berpengaruh secara parsial dan secara simultan terhadap islamic corporate social responsibility (ICSR) periode 2016-2019, serta bagaimana pengaruh reputasi dan kinerja perusahaan terhadap islamic corporate social responsibility (ICSR) menurut perspektif ekonomi islam. Tujan penelitian ini adalah untuk mengetahui reputasi dan kinerja perusahaan bank umun syariah secara parsial dan simultan terhadap islamic corporate social responsibility (ICSR) bank umum syariah periode 2016-2019, serta untuk mengetahui pengaruh reputasi dan kinerja perusahaan terhadap islamic corporate social responsibility (ICSR) menurut perspektif ekonomi islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah, Berdasarkan hasil perhitungan regresi, Reputasi memiliki t hitung 2,706 dengan ii signifikansi 0,010. Hal tersebut menunjukkan bahwa Reputasi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap ICSR yang ditunjukan dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Hal ini berarti, tingginya rasio ini akan berpengaruh meningkatnya pengungkapan ICSR yang merupakan pengungkapan tanggung jawab sosial kepada masyarakat dimana perusahaan tersebut berdiri. Kinerja Perusahaan memiliki t hitung 4,623 dengan signifikansi 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa Kinerja Perusahaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap ICSR yang ditunjukan dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Hal ini dikarenakan Profitabilitas merupakan kemampuan dari perusahaan untuk memperoleh laba, sementara ROA merupakan tingkat kemampuan perusahaan dengan memanfaatkan seluruh aset yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Secara simultan pengaruh dari rasio Reputasi dan Kinerja Perusahaan terhadap ICSR, diketahui bahwa kedua rasio yang menjadi variabel X yaitu Reputasi dan Kinerja Perusahaan sama-sama memiliki pengaruh terhadap pengungkapan ICSR pada bank umum syariah.Dalam pandangan ekonomi Islam, semakin tinggi reputasi dan kinerja perusahaan, maka perusahaan dituntut untuk melakukan pertanggungjawaban sosial yang setimpal, sebagai upaya bentuk kepedulian terhadap kesejahteraan sosial masyarakat dan pemberdayaan masyarakat. Prinsip-prinsip dan tujuan moral memainkan peran yang lebih penting dalam operasinya, ini merupakan misi dan tujuan bank syariah dibandingkan bank dengan basis non-islam. Bank syariah memiliki Islamic Religious Board, untuk memastikan bahwa praktik bank sejalan dengan hukum syariah, dan divisi solidaritas sosial yang kuat.. Kata Kunci : Reputasi, Kinerja Keuangan, Islamic Corporate Social Responsibility, Bank Umum Syariah ii

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:54
Last Modified: 10 Mar 2022 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18400

Actions (login required)

View Item View Item