PENGARUH LITERASI LINGKUNGAN DAN LITERASI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTER SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

ANNISA, NURHADA ROMADHONA (2022) PENGARUH LITERASI LINGKUNGAN DAN LITERASI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTER SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKIRPSI  ANNISA NURHUDA ROMADHONA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan literasi dianggap perlu sebagai upaya menanamkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran matematika. Selain kemampuan literasi, di abad ke-21 ini kemampuan dalam penggunaan teknologi juga amat diperlukan. Rendahnya kesadaran peserta didik dalam pemanfaatan teknologi khususnya komputer dengan baik berakibat pada penyalahgunaan teknologi yang memicu kerusakan moral pada diri peserta didik. Hal ini berakibat fatal bagi kemajuan bangsa dan negara. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi lingkungan dan literasi matematis terhadap kemampuan computer self efficacy peserta didik baik secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal (hubungan sebab akibat). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Sampel penelitian ini sebanyak 75 peserta didik dengan simple random sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan tes literasi lingkungan dan literasi matematis, serta angket untuk computer self efficacy. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linear sederhana yang pertama, diperoleh , maka dapat disimpulkan bahwa variabel literasi lingkungan secara parsial berpengaruh terhadap variabel computer self efficacy. Kedua, , maka dapat disimpulkan bahwa variabel literasi matematis secara parsial berpengaruh terhadap variabel computer self efficacy. Ketiga, berdasarkan hasil perhitungan regresi linear berganda juga diperoleh nilai , artinya variabel literasi lingkungan dan literasi matematis berpengaruh secara simultan terhadap variabel computer self efficacy. Kata kunci : Literasi Lingkungan, Literasi Matematis, Computer Self Efficacy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:42
Last Modified: 10 Mar 2022 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18395

Actions (login required)

View Item View Item