PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

PUJI, LESTARI (2022) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Berkembangnya tekhnologi globalisasi membuat pendidikan dan kurikulum ikut berkembang sesuai zaman. Tidak hanya guru yang dituntut untuk berperan dalam proses pembelajaran tetapi juga peserta didik dituntut untuk lebih aktif dalam berbagai hal, baik secara Afektif, Psikomotorik dan sebagainya. Salah satu cara agar belajar ini berhasil dengan menggunakan strategi pembelajaran, seperti strategi yang digunakan oleh penulis yakni strategi aktif (Active Learning Sstrategy). Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan belajar aktif (active learning strategy) dalam pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 1 Kalianda Lampung Selatan dan apa faktor- faktor penghambat dan pendukungnya penerapan pendekatan belajar aktif (active learning strategy) dalam pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 1 Kalianda Lampung Selatan Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menulis data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya dijelaskan pada gejala-gejala yang tampak. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan pendekatan belajar aktif (active learning strategy) dalam proses pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 1 Kalianda Lampung Selatan berjalan dengan baik, walaupun masih ada kekurangan. Diantara metode�metode yang digunakan dalam pembelajaran Agama Islam di SMP Muhammadiyah 1 Kalianda Lampung Selatan yang mengarah kepada pendekatan belajar aktif. (active learning strategy) adalah metode Resitasi, diskusi, problem solving, jigsaw, index card match, pendidikan drill/latihan. Tanya jawab, bermain peran dan demonstrasi. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam pembelajaran pendidikan agama islam adalah adanya minat siswa belajar yang tinggi, adanya fasilitas dan sumber belajar yang memadai untuk proses belajar, sedangkan yang menjadi faktor iv penghambat dalam penerapan tersebut adalah adanya sebagian siswa yang enggan untuk menyampaikan pendapatnya, dan latar belakang siswa yang berbeda. Kata kunci: Strategi Active Learning, dan Pembelajaran PAI v ABSTARCT The development of globalization technology makes education and curriculum develop according to the times. Not only teachers are required to play a role in the learning process but also students are required to be more active in various ways, both in affective, psychomotor and so on. One way to make this learning successful is by using a learning strategy, such as the strategy used by the author, namely the Active Learning Strategy. The problems that will be discussed in this study are how to apply an active learning approach (active learning strategy) in PAI learning at SMP Muhammadiyah 1 Kalianda South Lampung and what are the inhibiting and supporting factors for the application of an active learning strategy (active learning strategy) in PAI learning in SMP Muhammadiyah 1 Kalianda South Lampung This research is a qualitative research, with data collection techniques using the methods of observation, interviews, and documentation. As for writing the data used descriptive qualitative method, namely the description is explained on the symptoms that appear. Based on the results of the study, the application of an active learning strategy in the PAI learning process at SMP Muhammadiyah 1 Kalianda South Lampung went well, although there were still shortcomings. Among the methods used in learning Islam at SMP Muhammadiyah 1 Kalianda South Lampung which leads to an active learning approach. (active learning strategy) is a method of recitation, discussion, problem solving, jigsaw, index card match, drill/exercise education. Questions and answers, role playing and demonstrations. The supporting factors in learning Islamic religious education are the high interest of students in learning, the existence of adequate facilities and learning resources for the learning process, while the inhibiting factors in the application are the presence of some students who are reluctant to express their opinions, and background different students. Keywords: Active Learning Strategy, and PAI Learnin

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:35
Last Modified: 10 Mar 2022 06:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18393

Actions (login required)

View Item View Item