KONSEP PENDIDIKAN KEIMANAN BAGI ANAK (Studi Komparasi Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dan Zakiah Daradjat)

BUNGA, PATUR PRATAMA (2022) KONSEP PENDIDIKAN KEIMANAN BAGI ANAK (Studi Komparasi Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dan Zakiah Daradjat). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi revisi Bunga Patur Pratama.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK KONSEP PENDIDIKAN KEIMANAN BAGI ANAK (Studi Komparasi Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan Dan Zakiah Daradjat) Oleh: BUNGA PATUR PRATAMA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada saat ini dimana bangsa Indonesia tengah dihadapkan dengan masalah perilaku anak yang sangat memprihatinkan, seperti perampokan, pencurian, perkelahian, pembunuhan, pemerkosaan dan lain sebagainya. Itu terjadi karena nilai moral yang rendah dan pemahaman agama yang dangkal. Oleh karena itu, penting adanya pendidikan dalam hal keimanan. Karena salah satu penyebab seseorang melakukan perilaku yang buruk adalah karena tidak percaya dan tidak sadar diri bahwasannya kita selaku manusia selalu diawasi segala macam perilakunya dan akan adanya pembalasan dari apa yang dilakukan saat ini. Abdullah Nashih Ulwan dan Zakiah Daradjat adalah seorang pakar pendidikan anak yang juga berpendapat akan pentingnya pendidikan keimanan bagi anak. Diharapkan hasil penelitian ini berguna bagi kalangan akademis maupun keluarga dan masyarakat secara umum, sehingga berdampak positif bagi tumbuh kembang anak-anak kelak akan menjadi pemimpin masa depan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research (penelitian pustaka). Sumber data primernya adalah Tarbiyatul Aulad Fil Islam: Pendidikan Anak Dalam Islam karya Abdullah Nashih Ulwan, Islam dan Kesehatan Mental karya Zakiah Daradjat, Ilmu Jiwa Agama karya Zakiah Daradjat, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah karya Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam karya Zakiah Daradjat, sedangkan sumber data sekundernya adalah buku-buku lainnya yang relevan dengan obyek pembahasan kajian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). ii Dari penelitian yang penulis lakukan, pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dan Zakiah Daradjat tentang pendidikan keimanan diantaranya terletak pada materi, metode, dan ruang lingkup. Dimana terdapat persamaan pemikiran dari kedua tokoh yaitu dalam materi pendidikan keimanan dengan membuka kehidupan anak dengan kalimat tauhid, menanamkan pembiasaan ibadah, mendidik dalam diri anak muraqabatullah, dalam metode pendidikan menggunakan metode keteladanan dan pembiasaan, dan lingkungan pendidikan meliputi keluarga, sekolah, dan masyarakat. Sementara itu perbedaan pemikiran terdapat pada penerapan metode pendidikan dengan memberikan hukuman, dimana Abdullah Nashih Ulwan memperbolehkan hukuman dalam pendidikan dengan tetap memperhatikan cara yang diajarkan Islam dalam memberi hukuman, sedangkan Zakiah Daradjat tidak menerapkan pendidikan hukuman dalam mendidik anak. Kata Kunci : Konsep, Pendidikan keimanan, Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:24
Last Modified: 10 Mar 2022 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18387

Actions (login required)

View Item View Item