PENERAPAN KOMUNIKASI EFEKTIF PADA ANAK USIA DINI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DIMASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Tk Az-Zahra Baru Ranji Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan)

SHINTA, BELLA (2022) PENERAPAN KOMUNIKASI EFEKTIF PADA ANAK USIA DINI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DIMASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Tk Az-Zahra Baru Ranji Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of CVR BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI BELLA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi efektif merupakan proses komunikasi yang dilakukan oleh komunikator dan komunikan sehingga terjalin hubungan baik agar informasi yang disampaikan dapat dimengerti. Komunikasi efektif yang dimaksud didalam skripsi ini adalah komunikasi yang terjadi antara pendidik dengan anak didik di Tk Az-zahra Baru Ranji Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan agar terjalanin nya komunikasi yang efektif ditengah proses pembelajaran dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan di masa pandemi. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan komunikasi efektif pada anak usia dini dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan di masa pandemic covid-19 dan bagaimana Metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan dimasa pandemi covid-19. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan komunikasi efektif pada anak usia dini dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan dimasa pandemic covid-19 dan untuk mengetahui metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan dimasa pandemi covid�19. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif, pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu dengan mengambil sampel dengan kriteria. Kemudian teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan komunikasi efektif yang dilakukan para pendidik dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan dimasa pandemi dengan menerapkan pembelajaran tatap muka dengan mengurangi waktu belajarnya, agar tercapainya komunikasi yang efektif para pendidik menggunakan 5 hukum komunikasi antara lain Respect, emphaty, audible, clarity dan humble. Metode yang digunakan yaitu metode pembiasaan, metode bercerita, metode keteladanan dan metode nasehat. Kata kunci: Komunikasi Efektif, Anak Usia Dini, Nilai-nilai Agama, Pandemi covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:17
Last Modified: 10 Mar 2022 04:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18384

Actions (login required)

View Item View Item