ENERAPAN NILAI-NILAI HUMANISASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 29 BANDAR LAMPUNG

RIZKA, AULIA FARADILA (2022) ENERAPAN NILAI-NILAI HUMANISASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 29 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Rizka Aulia Faradila.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidik yang humanis harus menempatkan dirinya sebagai mediator yang mampu mengarahkan peserta didik. Oleh karena itu pendidik haruslah benar-benar menyadari perannya untuk mengembangkan aspek-aspek yang ada dalam diri peserta didik. Dan juga perlu dikembangkan pembelajaran yang tidak hanya menekankan aspek ingatan dan hafalan yang hanya berbasis materi saja, namun sampai pada aspek penalaran dan kemampuan menggunakan keterampilan secara baik serta sifat berpikir yang aktif-positif.. Pada penelitian ini, peneiliti merumuskan bagaimana proses penerapan nilai-nilai humanisasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 29 Bandar Lampung dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pada penerapan nilai-nilai humanisasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 29 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil latar belakang SMP Negeri 29 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisa data dengan cara mereduksi data, men-display data dan conclusion atau menarik kesimpulan. Sedangkan, pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil menunjukkan bahwa proses penerapan nilai-nilai humanisasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, menciptakan lingkungan belajar yang produktif dan kondusif, serta guru dalam mengajar selalu memberikan proses pembelajaran yang menyenangkan serta bermakna bagi peserta didik, sehingga peserta didik nyaman dan bisa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Penerapan, Nilai-nilai Humanisasi, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:11
Last Modified: 10 Mar 2022 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18382

Actions (login required)

View Item View Item