PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME TERHADAP PROSES BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES

TRI, PUTRI HADIYANTI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME TERHADAP PROSES BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skrips 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SkripsTri Putri Hadiyanti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran matematika tidak hanya ditujukan pada peningkatan kemampuan peserta didik dalam menghitung atau menerapkan rumus/prosedur dalam menyelesaikan soal-soal rutin saja, tetapi juga terhadap kemampuan peserta didik untuk berfikir kreatif dalam pemecahan masalah baik masalah matematika maupun masalah lain yang menggunakan matematika untuk memecahkannya. Untuk meningkatkan kemampuan kreatif peserta didik perlu dikembangkan keterampilan untuk mengemukakan berbagai macam gagasan, dan kemampuan memberi ide-ide baru. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat: (1) pengaruh model pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) terhadap proses berfikir kreatif dengan pembelajaran konvensional; (2) pengaruh Multiplle Intelligences terhadap proses berfikir kreatif; (3) Mengetahui terdapat interaksi antara model pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) dan Multiplle Intelligences terhadap proses berfikir kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimental design dengan desain faktorial 2 × 3. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berfikir kreatif dan angket multiple intelligences. Data hasil tes kemampuan berfikir kreatif dianalisis menggunakan uji anava dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pendekatan BCCT terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik; (2) tidak terdapat pengaruh antara kategori kemampuan multiple intelligences terhadap kemampuan berfikir kreatif; (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan BCCT dengan multiple intelligences terhadap kemampuan berfikir kreatif. Kata Kunci: Multiple Intelligences, Beyond Center and Circle Time, Berfikir Kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:00
Last Modified: 10 Mar 2022 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18377

Actions (login required)

View Item View Item