PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU

YOLANDA, KHAIRUDIN (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRPSI YOLANDA 1711100167.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk lembar kerja peserta didik berbasis higher order thinking skills pada pembelajaran tematik kelas IV tema 9 kayanya negeriku dan mengetahui kelayakan terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagajaran, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel yaitu melalui beberapa tahapan antara lain pendefinisian (Define), Perencanaan (Design), Pengembangan (Develop) dan penyebaran (Dessiminate). Uji coba dilakukan melalui dua tahap yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Berdasarkan hasil validasi ahli media mendapatkan persentase rata-rata 85,6% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase 83% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli bahasa mendapatkan persentase rata-rata 93,3% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi instrumen tes mendapatkan persentase rata�rata 90,5% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil respon penilaian pendidik mendapatkan hasil akhir dengan persentase 85% dengan kriteria “Sangat Layak”. Kemudian hasil uji coba peserta didik skala kecil mendapatkan persentase rata-rata 93% dengan kriteria “Sangat Layak” dan hasil uji coba peserta didik skala besar mendapatkan hasil persentase 88% dengan kriteria “Sangat Layak”. Dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Higher Order Thinking Skills dapat digunakan sebagai bahan ajar. Kata kunci : Higher Order Thinking Skills, Lembar Kerja Peserta Didik, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:18
Last Modified: 10 Mar 2022 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18372

Actions (login required)

View Item View Item